Komisi IV DPRD Riau Siapkan Usulan Bentuk BUMD Khusus Untuk Pengelolaan Blok Rokan

Dibaca: 10545 kali  Jumat,27 Juli 2018
Komisi IV DPRD Riau Siapkan Usulan Bentuk BUMD Khusus Untuk  Pengelolaan Blok Rokan
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Komisi IV DPRD Riau tengah menyiapkan usulan rancangan BUMD khusus yang akan mengelola Blok Rokan yang saat ini masih dikelola PT Chevron dan masa kontraknya bakal habis di tahun 2021 mendatang.

"Kita akan bentuk BUMD nantinya yang akan fokus mengelola Migas," kata Asri Auzar, anggota Komisi IV kepada wartawan, Kamis (27/07/18).

Menurutnya, selama dikelola asing, kerugian banyak dirasakan oleh daerah. Seperti, pembagian keuntungan yang minim serta perhitungannya yang tidak jelas.

"Yang tidak enaknya, kita sering ditipu dengan menyebutkan minyak kita akan segera habis. Padahal dari hasil diskusi kita dengan para pakar Migas Riau, cadangan minyak kita masih berada sekitar 70 persen lagi," jelasnya.

Dengan angka 70 persen tersebut, maka jika dikelola oleh daerah, Blok Rokan tentu akan memberikan banyak pemasukan. BUMD yang dibentuk pun akan bisa menggarap participating interest atau PI dari kontraktor Migas lain yang ada di Riau.

"PI ini sendiri sudah ada sejak tahun 2016 dan hingga saat ini belum pernah masuk ke kas daerah. Ini juga akan kita kejar. Jika sejak tiga tahun ini dikumpulkan, bisa memberikan pemasukan hingga Rp8 triliun buat daerah," tutupnya.

Wilayah operasional Blok Rokan sendiri meliputi empat kabupaten/kota di Riau. Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hilir dan Kota Dumai.(rtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »