Advertorial

Garab Potensi Perkebunan, Pemkab Kampar Gelar MoU dengan PT Sinar Mas

Dibaca: 8866 kali  Senin,09 Juli 2018
Garab Potensi Perkebunan, Pemkab Kampar Gelar MoU dengan PT Sinar Mas
Ket Foto : Garab Potensi Perkebunan, Pemkab Kampar Gelar MoU dengan PT Sinar Mas

RADARPEKANBARU.COM- Kabupaten Kampar mempunyai banyak potensi yang masih dapat dimanfaatkan, terutama di bidang perkebunan dan pertanian. Bidang perkebunan dan pertanian seperti kelapa sawit dan karet yang merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok buat lahan yang ada di Kabupaten kampar. Setidaknya khusus perkebunan perkebunan sawit untuk saat ini Kabupaten Kampar mempunyai luas lahan 241,5 ribu hektare dengan potensi crude palm oil (CPO) sebanyak 966 ribu ton.

Hasil gambar untuk kelapa sawit bupati kampar

Selanjutnya kampar juga memiliki potensi lokal berupa sejumlah produk unggulan, untuk memajukan produk unggulan kawasan pedesaan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI melakukan Penandatangan Monerendum of Undestanding (MoU) dengan beberapa Perusahaan Swasta Nasional yang handal di bidangnya.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar Sabaruddin, saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Kerjasama tersebut, lanjutnya, dilakukan dengan perusahan yang bergerak di bidang perkebunan dan perternakan. Ia juga menegaskan kerjasama ini sebagai pendorong Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan guna memberdayakan masyarakat.

Dikatakan Sabaruddin, bahwa berdasarkan hasil rapat yang dilaksanakan antara pihak swasta Nasional dengan beberapa daerah se Indonesia bertempat di Kementerian Desa Republik Indonesia di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018 lalu. Realisasi Penandatangan Naskah Kerja Sama ini, Pemerintah Kabupaten Kampar dilakukan oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

"Setidaknya ada tiga produk unggulan kawasan Pedesaan yang akan MoU-nya akan ditandatangani Pemerintah Kabupaten Kampar dengan Perusahaan Swasta Nasional, antara lain pertanian untuk komoditi buah-buahan nenas dan jeruk, Pemerintah Kabupaten Kampar akan menandatanganan naskah kerjasama dengan PT Fruit Ing, kedua Mou dengan PT Haqi Putra dalam bidang peternakan dan holtikultura, di bidang komoditi sapi dan kerbau serta jagung, Pemerintah Kabupaten Kampar akan melakukan penandatanganan MoU dengan PT HQ Copora Putra, dan ketiga bidang perkebunan akan ditandatangani naskah kerjasama dengan pihak PT Sinar Mas," jelasnya.

Ditambahkan Sabaruddin, Kabupaten Kampar beserta 79 kabupaten lainnya di Indonesia terpilih untuk bekerjasama dengan pihak swasta nasioanl dalam pengembangan Prukades.

"Hal ini patut diapresiasi karena hanya 79 kabupaten yangg terpilih dari 524 kabupaten yg ada di seluruh indonesia," kata Sabar.

Prukades ini, lanjutnya, dijadikan program unggulan untuk ditetapkan pengembangan potensi di masing-masing wilayahnya. Juga merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru dengan produk unggulan desa, ini sesuai dengan visi dan misi Pemkab Kampar di bawah kepemimpinan Azis Zaenal dan Catur Sugeng Susanto.(adv)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »