RAPP Maksimalkan Pengelolaan Sampah dengan Libatkan Pihak Ketiga

Dibaca: 3894 kali  Jumat,20 Juli 2018
RAPP Maksimalkan Pengelolaan Sampah dengan Libatkan Pihak Ketiga
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) ke-22 tahun 2018. Acara bergengsi ini resmi dibuka, Kamis (19/7/2018), bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Acara dengan tema kendalikan sampah plastik, diikuti oleh instansi pemerintah dan swasta.

Salah satunya PT Riau Andalan Pulp and Paper. Senior External Relations RAPP, Juwendi Jamal, dalam kesempatan ini kepeda GoRiau.com menjelaskan terkait pengelolaan sampah di lingkungan perusahaan. "Dalam pengelolaan sampah, untuk dalam komplek kita menunjuk pihak ketiga," ungkapnya.

Dalam prosesnya, jelas Juwendi, pihak ketiga sebagai rekanan melakukan pengelolaan sampah yang dihasilkan di lingkungan perusahaan. "Mereka melakukan pengelolaan sampah, mulai dari memilah-milah jenis sampah dan mengelompokkan jenis sampah. Yang mempunyai nilai ekonomis akan dijual kembali," paparnya.

Menurut Juwendi, sampah-sampah seperti plastik dan kertas masih mempunyai nilai ekonomis sehingga dapat dijual kembali. "Kalau sampah jenis ini, masih diambil dan dijual lagi. Kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat dalam proses pemisahan jenis sampah," ujarnya.

Ia juga berharap, dalam waktu dekat PT RAPP akan mempunyai bank sampah. Ia pun menyebutkan sampah yang dihasilkan di lingkungan perusahaan. "Dalam sehari, sampah di town site sekitar 2 sampai 3 ton. Tapi masih dalam bentuk campur antara organik dan un organik. Ini yang diserahkan ke pihak ketiga untuk mengelolanya," tandas Juwendi Jamal.

Acara PLHK dibuka resmi oleh Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono, yang menjadi ajang penampilan prestasi dan program-program di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Rangkaian kegiatan meliputi, pameran, talkshow, seminar, eco driving rally dan workshop dan lain-lain. Pemprov Riau dan PT RAPP ikut memeriahkan kegiatan ini dari awal hingga akhir. (grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »