Kabut Asap Dari Riau Berpotensi 'Ganggu' Asian Games

Dibaca: 10102 kali  Kamis,19 Juli 2018
Kabut Asap Dari Riau Berpotensi 'Ganggu' Asian Games
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Pertengahan Agustus 2018 nanti Indonesia punya iven akbar, Asian Games. Ada 45 negara di Asia yang akan terlibat dalam pergelaran itu. Karena Palembang menjadi salah satu tuan rumah, Jokowi sudah mewanti-wanti, jangan sampai asap menjadi ‘pengganggu’.

Apalagi pergelaran itu dilangsungkan di tengah musim panas. Ketakutan Jokowi itu wajar. Dua hari belakangan kemunculan titik hotspot di Riau dan daerah lain di Sumatera cukup menggila. Namun tetap Riau yang menjadi wilayah penyumpang hotspot terbanyak. Pada tanggal 16 Juli 2018, hotspot di Pulau Sumatera terdeteksi sebanyak 76 titik. Riau menjadi daerah penyumbang terbanyak, yakni 17 titik yang tersebar di 6 daerah.

Sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB hotspot menurun 13 titik di Sumatera dan di Riau nihil. Kemudian tanggal 17 Juli 2018 50 hotspot kembali bermunculan di Sumatera, Riau lagi-lagi sebagai daerah penyumbang tertinggi yakni sebanyak 29 titik, tersebar di 4 daerah. Sore harinya, menurut laporan BMKG, jumlah hotspot malah meningkat sampai 126 titik panas, Riau menyumbang sebanyak 61 titik tersebar di 6 daerah.

Puncaknya pada tanggal 18 Juli 2018 kemarin. Angka hotspot meningkat drastis sebanyak 159 titik. Lagi-lagi Riau penyumbang terbanyak, yakni sampai 80 titik tersebar di 7 daerah. Namun pada sore harinya semua hotspot di Riau sirna. Hanya tersisa 1 titik panas yang terpantau satelit, yakni di Sumsel. Sedangkan hari ini, Kamis, 19 Juli 2018, di Pulau Sumatera masih terdeteksi sebanyak 10 titik. Tapi di Riau nihil dengan catatan blank area (tidak terdeteksi satelit).

“Maka jika merujuk pada data itu sangat berpotensi sekali di Riau akan ada asap kembali. Dan pastinya itu akan mengganggu pergelaran Asian Games,” ujar Kabid Perwasitan, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Riau, Zainuddin kepada bertuahpos.com, Kamis, 19 Juli 2018 di Pekanbaru.

Dia menambahkan, jika pada tahun 2015 lalu Riau terpapar asap dari wilayah Sumsel, maka tidak menutup kemungkinan jika tahun ini Riau yang terbakar, maka akan menyumbang asap ke Palembang, pada saat pergelaran Asian Games. “Sudah pasti mengganggu, terutama untuk cabang olah raga di outdoor seperti voli dan lainnya,” sambung dia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Edwar Sanger, saat dihubungi bertuahpos.com, untuk sementara tidak bisa memberikan komentarnya terkait masalah ini. Namun yang pasti pada hari ini, Kamis, 19 Juli 2018, dia bersama Tim Satgas lain tengah menghadiri pertemuan untuk membahas soal kemunculan titik panas beberapa hari belakangan. “Saya sedang rapat di Lanud, Pekanbaru,” ujarnya. (bpc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »