Sekda Bengkalis H. Bustami Buka Festival Lampu Colok 2018

Dibaca: 3012 kali  Selasa,12 Juni 2018
Sekda Bengkalis H. Bustami Buka Festival Lampu Colok 2018
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H. Bustami, HY mewakili Bupati Amril Mukminin resmi membuka Festival Lampu Colok 2018 sempena masuknya malam 27 Ramadhan (pitulikur) dan menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini. Pembukaan festival secara serentak dilakukan di Lapangan Sepak Bola, Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, Senin (11/6/18) malam.

 

Tampak hadir dalam pembukaan, juga hadir sejumlah unsur Forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, dan turut antusias ratusan warga setempat.

 

Pembukaan festival ditandai dengan penyalaan lampu colok oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H. Bustami, HY mewakili Bupati Amril Mukminin, dan sejumlah tamu undangan di menara yang telah disiapkan.

 

Berbeda dengan tahun lalu, sebelumnya dilakukan setelah Sholat Maghrib, kali ini dibuka setelah Sholat Terawih. Kesempatan ini, Sekda Bengkalis H. Bustami, HY mengatakan, tradisi lampu colok di Bengkalis sudah menjadi kearifan lokal, berganti generasi baru yang mengadakan festival ini setiap tahunnya.

 

Pemkab Bengkalis terus berupaya melakukan pembinaan dan memberikan motivasi melalui bantuan anggaran dari APBD kepada para peserta lomba untuk terus melestarikan tradisi ini.

 

"Kegiatan ini dibangun atau dikerjakan melalui gotong royong, saling bahu-membahu apalagi adanya isu-isu yang bisa memecah belah. Melalui kegiatan seperti ini diharapkan semakin mempererat rasa persatuan.

 

Dan para pemuda diharapkan melakukan hal-hal yang positif," pesannya. Informasi tambahan, Festival Lampu Colok 2018 ditaja Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis di seluruh kecamatan di Kabupaten Bengkalis sempena menyambut Lebaran Idul Fitri 2018 ini, diikuti sekitar 70 peserta.

 

Mereka berlomba memperebutkan hadiah hingga puluhan juta rupiah. "Untuk se-Kabupaten Bengkalis yang mendaftar mengikuti festival tahun ini ada sekitar 70 peserta yang berpartisipasi. Kecamatan Bengkalis peserta yang terbanyak," ungkap Kepala Disparbudpora Kabupaten Bengkalis, H. Anharizal, SE didampingi Kepala Bidang Kepariwisataan, Khairani, usai pembukaan festival kepada sejumlah awak media.

 

Pantauan di lapangan, dimulainya Festival Lampu Colok 2018 ini menarik perhatian sekitar ribuan warga Bengkalis dan sekitarnya. Kendaraan memadati jalan dan mengakibatkan arus lalu lintas sempat terjadi padat merayap, bahkan macet di seperti yang terjadi di ruas Jalan Utama Pangkalan Batang, Bengkalis.

 

Kemacetan terurai setelah petugas aparat kelolisian terjun ke lokasi kemacetan. Ratusan warga memadati median badan jalan karena berhenti beberapa saat dengan alasan ingin menyaksikan dan mengabadikan keindahan lampu colok bermotif masjid yang cukup besar dan indah serta berdimensi.

 

Kemudian selain menikmati keindahan kreasi lampu colok terbuat dari ribuan kaleng bekas itu, dibeberapa titik juga disediakan sejumlah tempat untuk berselfie ria.(rtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »