Tiga Negara Ini Juga Tak Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel

Dibaca: 2004 kali  Selasa,05 Juni 2018
Tiga Negara Ini Juga Tak Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Keputusan Israel melarang turis berpaspor Indonesia memasuki wilayah Negara Bintang Daud per 9 Juni 2018, telah membuat masyarakat Indonesia resah, khususnya mereka yang hendak berziarah ke Israel. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pernyataannya mengatakan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan Indonesia akan terus bersama Palestina memperjuangkan dan mendapatkan kemerdekaan serta hak-hak Palestina.

 

Usut punya usut, Indonesia rupanya bukan satu-satunya negara di dunia yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Selain Indonesia, tiga negara berikut juga menutup pintu diplomatik dengan Israel. Umat Yahudi mengikuti ritual doa saat ziarah akbar dalam perayaan Paskah Yahudi di Tembok Ratapan, Kota Tua Yerusalem, 2 April 2018. REUTERS/Ronen Zvulun Pertama, Iran.

 

Negara ini memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sejak meletupnya revolusi Islam Iran pada 1979. Sama seperti Indonesia, sikap Iran tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel sebagai salah satu upaya mendukung Palestina dari pendudukan Israel. Kedutaan Besar Israel di Iran, bahkan telah dialih fungsikan menjadi kedutaan Palestina.

 

Kedua, Malaysia. Sejak awal kemerdekaannya pada 1957, Malaysia telah menolak hubungan diplomatik dengan Israel. Sebagai negara mayoritas Muslim, Malaysia memiliki keinginan untuk menumbuhkan solidaritas dengan negara-negara Arab dalam menentang pendudukan Israel di Palestina. Pemerintahan baru Malaysia yang dipimpin Perdana Menteri, Mahatir Mohamad, baru-baru ini juga mengatakan sangat menentang keputusan Amerika Serikat yang membuka kedutaan besar di Yerusalem.

 

Hubungan antara Malaysia dan Israel merupakan isu yang sensitif di Malaysia. Pada Februari 2018, kedatangan David Roet, diplomat Israel ke Malaysia untuk menghadiri pertemuan PBB juga menuai pro-kontra. Warga Malaysia sendiri tidak diperbolehkan mengunjungi Israel. Ketiga, Arab Saudi. Sampai sekarang, Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi dengan Israel. Arab Saudi juga secara terbuka menentang keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

 

Arab Saudi menjadi satu dari 13 negara yang menentang resolusi PBB 1947 mengenai pengakuan Israel dan pembagian wilayah Palestina. Meski begitu, Arab Saudi dikabarkan memiliki kedekatan tersendiri dengan Israel karena sama-sama tak menyukai satu negara, yakni Iran. Arab dan Israel beberapa kali diberitakan melakukan pertemuan tertutup, seperti pertemuan rahasia di Mesir pada akhir Februari 2018. Pada Maret 2018 Arab Saudi untuk pertama kalinya mengizinkan wilayah penerbangannya dilalui rute pesawat komersil ke Israel. Penerbangan ini dilakukan oleh Air India dalam perjalanan langsung dari Delhi ke Tel Aviv.(tem)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »