Peternak Susu Sapi Pangalengan Berharap Peningkatan Harga

Dibaca: 3619 kali  Senin,28 Mei 2018
Peternak Susu Sapi Pangalengan Berharap Peningkatan Harga
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Sejumlah peternak susu sapi di Pangalengan, Kabupaten Bandung berharap harga jual susu sapi bisa terus meningkat. Meski saat ini harga jual susu relatif jauh lebih baik tetapi para peternak berharap agar bisa baik lagi. Saat ini, harga beli susu sapi dari peternak di Koperasi Peternakan Bandung Selatan seharga Rp 4.800 perliter.

 

"Dibanding dua bulan lalu, harga jual susu ke KPBS ada peningkatan. Tapi kalau bisa lebih meningkat, soalnya dibandingkan dengan kebutuhan hidup masih rendah," ujar seorang peternak susu sapi Pangalengan, Nurlela (45) warga Kampung Wates RT 4 RW 10 Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Ahad (27/5).

 

Dia mengatakan, harga jual susu sapi dua bulan lalu seharga Rp 2.500/liter. Sementara itu, dalam satu hari, produksi susu sapi dari lima sapi miliknya mencapai 30 liter. Sehingga dirinya mendapat upah sebesar Rp 144.000 perhari. Jumlah tersebut masih dipotong cicilan pakan ternak. Sementara itu, peternak susu sapi lainnya, Suparman (50) mengatakan banyak peternak susu sapi beralih pekerjaan menjadi tukang ojek atau pekerjaan lainnya. Hal itu untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

"Peternak susu sapi enggak bisa apa-apa tergantung harga yang ditentukan dari KPBS. Kalau bisa sih harga jual susu sapi meningkat," katanya. Ketua KPBS Pangalengan Aun Gunawan mengatakan, pihaknya berupaya agar harga jual susu sapi bisa ditingkatkan. Hal itu untuk meningkatkan kesejahteraan peternak susu sapi di Pangalengan. "Kami terus menerus meningkatkan kualitas dan kuantitas susu sapi yang dihasilkan peternak sapi Pangalengan," katanya.(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »