Disdukcapil Bakal Razia di Semua Pintu Masuk Pekanbaru

Dibaca: 3516 kali  Selasa,22 Mei 2018
Disdukcapil Bakal Razia di Semua Pintu Masuk Pekanbaru
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM. - Mengantisipasi melonjaknya jumlah pendatang tanpa identitas usai lebaran nanti, Dinas Dinas Kependudukan Administrasi dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru mulai mengintensifkan razia Kartu Tanda Penduduk (KTP). Razia KTP ini difokuskan pintu masuk Kota Pekanbaru.

 

Seperti di Kecamatan Tampan, Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Tenayan Raya sebagai pintu masuk Kota Pekanbaru. Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Baharuddin, langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pendatang tanpa identitas ke Pekanbaru.

 

"Sebagai antisipasi banyaknya pendatang gelap ke Pekanbaru saat ramadan dan setelah lebaran, Pemko Pekanbaru rencanakan untuk mengintensifkan razia KTP. Untuk itu, kita minta masyarakat yang ingin ke Pekanbaru setelah lebaran untuk mengurus surat pindah. Hal ini dimaksudkan agar penduduk yang ada di Pekanbaru tetap tertib administrasi," kata Baharuddin, Selasa (22/5/2018). Ditambahkan Baharuddin, untuk lokasi razia penertiban KTP, pihaknya akan melakukan di sejumlah titik, seperti pusat keramaian dan juga daerah perbatasan.

 

"Daerah yang akan mendapatkan perhatian khusus antara lain adalah Tampan, Tenayan Raya, dan pusat perbelanjaan," ujarnya. Meski akan melakukan penertiban syarat administrasi, pihaknya tidak melarang masyarakat luar untuk datang ke Pekanbaru. Namun dia menegaskan bahwa masyarakat harus memenuhi syarat administrasi kependudukan terlebih dahulu.

 

"Ya, uruslah dulu surat pindahnya agar bisa memiliki kartu identitas Pekanbaru," singkatnya. Baharuddin juga mengklaim bahwa razia KTP untuk tertib administrasi ini tidak hanya dilakukan setelah lebaran, namun rutin dilakukan 2 bulan sekali. "Kita rutin sekali dalam 2 bulan. Tujuan kita supaya masyarakat tertib administrasi saja," pungkasnya. (ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »