Pj Gubri Riau Lantik Wardan-Rosman Pemimpin Baru Inhil

Dibaca: 15341 kali  Sabtu,23 November 2013
Pj Gubri Riau Lantik Wardan-Rosman Pemimpin Baru Inhil
Ket Foto : Prosesi Pelantikan Wardan-Rosman Oleh Pj Gebernur Riau (ist)

Tembilahan, (radarpekanbaru.com)- HM Wardan dan H Rosman Malomo resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) periode 2013-2018.

Pelantikan dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur Riau Prof Dr Djohermansyah Djohan dalam rapat Paripurna Istimewa DPRD Inhil di venue futsal kompleks Indragiri Sport Center Tembilahan, Jumat (22/11).

Usai dilantik, Wardan mengungkapkan akan memberi prioritas pembangunan infrastruktur mulai dari kota hingga ke desa. Ia menilai, ini keperluan yang mendesak dan menyangkut hajat hidup masyarakat banyak.

Rapat paripurna kemarin dipimpin Ketua DPRD Inhil H Raus Walid dan juga dihadiri anggota DPRD Inhil, sejumlah bupati/wali kota se-Riau, Sekdaprov Riau H Zaini Ismail, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) Inhil, tokoh masyarakat dan tokoh adat dan ribuan warga di Negeri Seribu Parit tersebut.

Pj Gubri H Djohermansyah dalam arahannya mengatakan, masa depan Inhil ada di pundak Wardan dan Rosman Malomo. Untuk itu, pemimpin yang baru dilantik mampu menjalankan tugasnya masing-masing secara maksimal.

"Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya," kata Djohermansyah, langsung disambut tepuk tangan ribuan hadirin.

Menurut Djohermansyah, pelantikan bupati dan wakil bupati buah dari hasil pemilihan kepala daerah di Inhil dinilai sangat bersih. Untuk itu, seluruh masyarakat Inhil harus bersatu dan mendukung pemimpin yang baru dilantik tersebut.

"Ini dibuktikan dengan tidak adanya gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK)," sebutnya penjabat yang baru satu hari dilantik sebagai Pj Gubernur Riau itu.

Menurut Djohermansyah, dari sekitar 230 Pilkada di Indonesia, 91 persennya berakhir dengan berperkara di Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun tidak untuk Pilkada di Kabupaten Inhil. Artinya, menurut Djo, sapaan akrab Djohermansyah Djohan, proses demokrasi di Inhil sudah cukup bagus.

"Ini suatu sejarah perjalanan demokrasi di Inhil yang cukup luar bisa. Di mana kami menilai demokrasi di daerah ini tumbuh, berkembang dengan baik dan dewasa. Untuk itu saya berharap kepada bupati dan wakil bupati yang baru agar sama-sama menjaga dan menjalankan amanah," ujar Djohermansyah Djohan.

Usai prosesi pelantikan, Bupati Inhil HM Wardan mengatakan, saat ini secara legalitas formal ia dan Rosman Malomo resmi menjadi pemimpin daerah Inhil untuk 5 tahun ke depan. Ia berjanji tidak akan menunggu lama-lama menjalankan apa yang sudah ia janjikan.

Program kerja 100 hari, lanjutnya, memprioritaskan program terhadap permasalahan yang benar-benar mendesak, terutama menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Infrastruktur, semua tahu sangat memerlukan perhatian yang serius. Artinya, titik berat kami tahun anggaran 2014 mendatang lebih fokus terhadap penyelesaian infrastruktur di tingkat ibukota kabupaten, kecamatan dan desa," jelas Wardan.

Selain masalah infrastruktur, persoalan yang tidak kalah penting fokus perhatian masalah perkebunan kelapa. Baik kelapa dalam maupun kelapa sawit yang sudah mulai berkembang di Bumi Sri Gemilang itu.

"Demikian pula masalah pendidikan dan masalah kebersihan. Semua itu sudah menjadi program yang akan kami jalankan," imbuh.

Ketua DPRD Inhil H Raus Walid mengatakan, Pemilukada Inhil yang digelar beberapa waktu lalu merupakan pesta demokrasi yang paling sukses dan lancar.

Hal itu bisa dibandingkan dengan Pemilukada di daerah lain. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan Pemilukada, termasuk Pemkab Inhil yang menyukseskan acara pelantikan.

Mantan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Indra Muchlis Adnan, berharap bupati baru dapat meneruskan sejumlah program yang belum selesai pada masanya. "Terutama dalam mewujudkan Inhil Berjaya dan Gemilang 2025," ujar Indra Muchlis.

RZ Titip Pengembangan Infrastruktur Daerah
Mantan Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengucapkan selamat dan memberikan dukungan atas pelantikan Wardan dan Rosman.

RZ, begitu biasa disingkat namanya mengatakan, masyarakat Inhil telah menaruh kepercayaan yang tepat di pundak sosok yang pernah menjabat sebagai Kadisdik Riau ini.

"Saya tahu kinerja dan kemampuan serta loyalitasnya (Wardan, red). Kepercayaan yang diberikan masyarakat Inhil kepada Pak Wardan sebagai Bupati sudah tepat," ungkap mantan gubernur yang baru saja mengakhiri masa tugasnya 21 November lalu.

Terpilihnya Wardan sebagai Bupati Inhil, menurut RZ bukti karakternya yang baik dan ini bisa dinilai masyarakat. Masyarakat mengharapkan yang terbaik dari pemimpin yang mereka pilih.

Menurut RZ, Inhil masih mempunyai tingkat keterisolasian desa dan kecamatan yang tinggi. Pembangunan infrastruktur desa dan kecamatan sampai ke kabupaten harus menjadi prioritas.

 Infrastruktur akan sangat mempengaruhi peningkatan ekonomi rakyat dan pedesaan. Di samping masalah pendidikan, ekonomi rakyat melalui program pertanian, perkebunan serta perikanan, air bersih dan listrik desa juga perlu mendapat perhatian serius.

Mantan Bupati Indragiri Hilir itu mengimbau masyarakat Inhil memberi dukungan penuh kepada Wardan dalam menjalankan semua programnya. Begitu juga jajaran Pemkab Inhil, termasuk para camat dan kades.

"Masyarakat Inhil harus bersatu. Kompak saja, kadang-kadang masih banyak hambatan dihadapi. Apalagi tidak kompak akan lebih sulit lagi,"imbuhnya.

Saat ditanya terkait kinerja Bupati Inhil sebelumnya, Indra Muchlis Adnan, RZ juga memberi apresiasi. Segala yang telah dilakukan Wardan sebelumnya, menurut RZ harusnya diteruskan dan bisa lebih baik lagi.

"Pak Indra sudah berbuat maksimal. Perlu dilanjutkan dan dipacu lagi dengan lompatan-lompatan besar oleh Pak Wardan, guna memacu percepatan pembangunan Inhil. Perlu dibangun akses dan networking serta hunting yang tinggi untuk menjadikan Inhil lebih maju," terang Rusli.

Inhil Sambut Pemimpin Baru
Negeri yang dikenal dengan sebutan daerah seribu parit menyambut pemimpin baru dengan suka cita. Ini terlihat dengan ruas jalan sudah dihiasi lampu yang membuat Kota Tembilahan semakin terang-benderang di malam hari.

Akses jalan terlihat teratur dengan dipenuhi baliho ucapan selamat atas pelantikan Wardan-Rosman Malomo.

Masyarakat juga terlihat antusias menyambut proses pelantikan dan pesta rakyat yang dilaksanakan malam harinya.

Pantauan Awak Media, ruas jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan M Boya, Jalan Gajah Mada, M Yamin dan beberapa jalan lainnya sudah terlihat tertata dan sudah diberi lampu.

Sehingga kawasan pusat kota yang memiliki 20 kecamatan itu kian bersolek dengan infrastrukturnya.

"Kami tentunya sangat senang. Tengok kota ini sudah terang di malam hari. Kalau dulu, jalan-jalannya gelap karena lampunya mati, belum lagi jalan yang rusak," tutur Mansyur, salah seorang tukang becak di Tembilahan.

Ia mengaku, jika warga Tembilahan pun menyambut antusias bupati baru ini. Bahkan mereka yakin Wardan dan Rosman akan membawa Inhil menjadi lebih baik lagi.

"Beliau dekat dengan masyarakat kecil seperti kami. Tentunya, kami bersyukurlah, Pak Wardan jadi bupati. Belum dilantik saja, perubahan kota sudah terlihat," sambung pria seraya terus mendayung pedal becaknya.(unt/rp)

Editor : Ramli



Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »