Agus Candra : Mandi Balimau Jan Bacampu Jantan Jo Batino

Dibaca: 2437 kali  Jumat,04 Mei 2018
Agus Candra : Mandi Balimau Jan Bacampu Jantan Jo Batino
Ket Foto : Agus saat Reses di Desa Pulau Belimbing, Senin (30/4/2018).

RADARPEKANBARUCOM-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar, Agus Candra SIP mengajak masyakarat Desa Pulau Belimbing, Kecamatan Kuok untuk mempertahankan karakteristik nilai budaya dan agama.

Menurutnya, mempertahankan nilai-nilai budaya dan agama itu perlu dilakukan untuk melestarikan budaya yang sudah diturunkan oleh leluhur atau nenek moyang kita dalam menunjang wisata yang ada di Desa Pulau Belimbing, Kecamatan Kuok.

“Suasana aman dan nyaman untuk setiap pengunjung merupakan salah satu cara mempertahankan popularitas Desa Pulau Belimbing sebagai salah satu Desa Wisata Kampar,” ujar Agus saat Reses di Desa Pulau Belimbing, Senin (30/4/2018).

Pada kesempatan ini, Agus Candra lebih menitik beratkan kearah Pariwisata yang ada di Desa Pulau Belimbing. Menurutnya, potensi wisata yang berada di Desa ini harus terus di tingkatkan.

“Terus kembangkan potensi wisata yang ada di Desa Pulau belimbing ini. Akan tetapi harus tetap menjaga dan mengedepankan nilai agama. Seperti acara Balimau besok, jadi harus tetap memperhatikan nilai agama dan juga adat,” jelas Agus Candra.

“Mandi balimau jan bacampu jantan jo batino (Mandi Balimau jangan bercampur antara laki-laki dan perempuan),” ungkap Agus.

Kemudian Agus berpendapat untuk lebih menghidupkan kembali rumah lontiok adat khas Kampar yang lokasinya berada di Desa Pulau Belimbing.

“Kita perhatikan rumah lontiok milik kita, kita jaga. Dan kita berikan fasilitas yang baik. Seperti sediakan pelaminan didalam rumah lontiok tersebut,” ujar Agus Candra.

Pantauan wartawan dilapangan, Agus Candra bersama Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri melakukan reses ditempat yang sama. Mereka tampak serius menampung aspirasi masyarakat Desa Pulau Belimbing.(rls)

Penulis : Popi Rada Asmila Mahasiswi Uin Suska Riau

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »