Peduli Lingkungan, BEM UR Tanam 1000 Bibit Pohon Mangrove di Desa Sinaboi, Rokan Hilir 

Dibaca: 3822 kali  Sabtu,07 April 2018
Peduli Lingkungan, BEM UR Tanam 1000 Bibit Pohon Mangrove di Desa Sinaboi, Rokan Hilir 
Ket Foto : Peduli Lingkungan, BEM UR Tanam 1000 Bibit Pohon Mangrove di Desa Sinaboi, Rokan Hilir 

RADARPEKANBARUCOM-Dalam rangka mengembangkan potensi ekowisata mangrove, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau melalui Kementerian Lingkungan Hidup BEM UR mengadakan kegiatan mengabdi lingkungan berupa pelestarian pesisir dengan penanaman mangrove di Desa Sinaboi Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada Sabtu (07/04/2018) siang. 

Kegiatan yang bekerjasama dengan Komando Rayon Militer (Koramil) 01/Bangko ini dibuka langsung oleh Camat Sinaboi, Tengku Hasim dan dihadiri oleh Ramil 01 Bangko, Mayor Infrantri, Edyanto dan Masri selaku Penghulu Sinaboi, Rinaldi selaku Presiden Mahasiswa Universitas Riau, peserta Relawan Mangrove dan sejumlah pengurus BEM UR lainnya. Selain itu turut hadir Ibu-Ibu PKK, tokoh masyarakat dan pemuda desa setempat. 

Penanaman mangrove yang dilakukan di Kecamatan Sinaboi tersebut merupakan lokasi yang tepat, pasalnya berdasarkan pantauan yang telah dilakukan oleh tim survey, saat ini Desa Sinaboi membutuhkan perhatian dan aksi nyata terhadap perlindungan pesisir, karena lokasi yang akan ditanami mangrove tersebut sangat dekat dengan pemukiman warga dan selalu di lewati oleh kapal, sehingga memiliki resiko abrasi tinggi yang dapat mengancam pemukiman warga dekat dengan pesisir tersebut. Lokasi penanaman mangrove ini juga dipilih sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Rokan Hilir yang memproyeksikan Kecamatan Sinaboi Sebagai Daerah Ekowisata Bahari dan Wisata Memancing Ikan.

Dalam sambutannya, Camat Sinaboi berharap setelah rehabilitasi dan restorasi mangrove hari ini, dalam 3-5 tahun kedepan Desa Sinaboi dapat menjadi desa Ekowisata Mangrove, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UR, Rinaldi  turut menyampaikan harapannya agar hutan di Riau tetap terjaga, dan masyarakat Sinaboi turut berkomitmen dengan menjaga hutan mangrove.

Setelah acara pembukaan Restorasi dan Rehabilitasi Mangrove, acara dilanjutkan dengan penanaman mangrove bersama panitia, relawan, dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir. Kegiatan mengabdi lingkungan inipun akan berlanjut hingga esok hari, Minggu 08 April 2018. Pasca penanaman bibit mangrove, para rombongan segera bergegas menuju Dusun Sumber Sari, Kelurahan Balam Sempurna Kota atau yang lebih dikenal dengan Parepare, Kecamatan Balai Jaya, Rokan Hilir yang merupakan lokasi  pengabdian lingkungan berikutnya. (Rls)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »