Peringati Hari Air Sedunia, Pemko dan Masyarakat Pekanbaru beserta BEM UR Lakukan Aksi Bersih Sungai

Dibaca: 4403 kali  Kamis,22 Maret 2018
Peringati Hari Air Sedunia, Pemko dan Masyarakat Pekanbaru beserta BEM UR Lakukan Aksi Bersih Sungai
Ket Foto : Peringati Hari Air Sedunia, Pemko dan Masyarakat Pekanbaru beserta BEM UR Lakukan Aksi Bersih Sungai

RADARPEKANBARUCOM-Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia ke XXVI Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2018. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumberdaya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera III mengundang Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau yang dalam hal ini diwakili oleh 10 orang pengurus BEM Universitas Riau.

Kegiatan yang bertema "Lestarikan Alam untuk Air" tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam rangka menyelamatkan alam untuk kelestarian air sebagai sumber kehidupan. 

Sebelum melakukan aksi bersih bantaran sungai, acara lebih dahulu dibuka secara resmi oleh perwakilan dari Ketua (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Riau yang dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis yang langsung ditanam disekitar area pembukaan di Jl. Meranti No. 1 Kampung Bandar Kecamatan Rumbai.

Bibit Pohon yang ditanam ialah pohon buah berjenis Durian dan Sirsak yang berjumlah 500 buah, pohon tersebut rencananya akan dibagikan, diantaranya 100 buah bibit pohon untuk camat dan lurah, 50 buah bibit pohon untuk komunitas, 150 buah bibit pohon untuk Balai dan 100 buah bibit pohon untuk mahasiswa.

Pasca aksi penanaman beberapa bibit pohon, kegiatan yang dihadiri oleh BAPPEDA Provinsi Riau, BPDAS Indragiri Rokan, Camat Senapelan, Lurah Kampung Bandar, Polsek Senapelan, Babinsa senapelan, Rt/Rw Kelurahan Bandar, Tokoh Masyarakat dan Komunitas Peduli Lingkungan serta sejumlah pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau dilanjutkan dengan aksi bersih bantaran sungai yang bertempat di berbagai lokasi, yakni Sungai Siak, Sungai Senapelan, Komplek Perkantoran BWSS III Senapelan dan Stasiun Pompa Banjir Senapelan.

Kegiatan ini juga diselingi oleh aksi sosial masyarakat, yakni Donor Darah dari PMI Pekanbaru. Setelah pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut, kegiatan pun ditutup dengan Makan bersama. Melalui kegiatan ini, diharapkan pemerintah daerah dan  masyarakat setempat dapat menyadari akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini dan dapat menjaga lingkungan alam, terutama lingkungan sungai.
(RN)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »