Korsel Buka Pembicaraan Terkait Pariwisata ke Korut

Dibaca: 3356 kali  Jumat,09 Februari 2018
Korsel  Buka Pembicaraan Terkait Pariwisata ke Korut
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM. - Kementerian Persatuan Korea Selatan (Korsel) berencana membuka diskusi terkait pariwisata ke Korea Utara (Korut). Negara yang dipimpin Presiden Moon Jae-in itu bertujuan mebuka wisata ke Gunung Kumgang setelah mendapatkan kepastian akan keamanan turis Korsel dan tercapainya kesepakatan nuklir Korut.

"Kami melihat tur ke gunung Kumgang menjadi proyek yang penting bagi hubungan inter-Korea," kata Kementerian Persatuan Korsel dalam pernyatan resmi, Jumat (9/2).

Perjalanan wisata dari Korsel menuju gunung Kumgang terakhir dilakukan pada 2008 lalu. Tur ke lokasi wisata tersebut terpaksa dihentikan setelah wisatawan Korsel ditembak oleh otoritas Korut.

Meksi demikian, Korsel belum berencana melakukan perbincangan terkait kompleks industri Kaesong yang dimiliki kedua Korea. Pembicaraan terkait kompleks perindustrian akan dimulai saat sudah adanya resolusi terkait isu program nuklir Korut.

Penangguhan operasinal kompleks industri Kaesong menanddai berakhirnya komunikasi antar Korea pada 2016 lalu. Kaesong merupakan salah satu poin terakhir dari kerja sama antara kedua Korea dan sumber pendapatan utama Pyongyang. Kementrian menilai saat ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakan hal tersebut.

Saat ini delegasi Korut termasuk beberapa pejabat dan adik Presiden Kim Jong Un, Kim Yong Nam akan berada di Korsel untuk menghadiri pembukaan olimpiade musim dingin Pyeongchang. Pembukaan perhelatan pesta olahraga tersebut akan dilakukan di Seoul.(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »