Bupati Apresiasi Penindakan PETI oleh Polres Kuansing

Dibaca: 3445 kali  Sabtu,20 Januari 2018
Bupati Apresiasi Penindakan PETI oleh Polres Kuansing
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.- Gencarnya penindakan penambangan emas tanpa izin (PETI) yang dilakukan Polres Kuansing belakangan ini, mendapat apresiasi yang tinggi dari Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi.

Seperti diketahui, hampir setiap hari ada penindakan PETI di wilayah hukum Polres Kuansing. Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi berharap, dengan gencarnya razia yang dilakukan oleh pihak kepolisian, akan membuat masyarakat yang masih bekerja secara ilegal supaya mencari pekerjaan lain yang tidak bertentangan dengan hukum.

‘’Selain berisiko besar, PETI ini juga merusak alam. Berapa banyak keluarga yang telantar akibat salah seorang pelaku PETI setelah diamankan pihak keamanan. Belum lagi risiko kecelakaan kerja tinggi,” ujar Mursini.

Ketika ditanya solusi yang diberikan Pemkab untuk pekerja yang mengandalkan hidupnya dari PETI, Mursini mengatakan, masih banyak pekerjaan lain yang bisa dikerjakan masyarakat selain PETI tersebut.

Salah satunya dengan mengembangkan perkebunan warga. ‘’Kita sudah carikan solusi untuk masyarakat supaya kembali berkebun. Setiap tahun akan ada bantuan sawit ratusan ribu. Dalam waktu dekat, kerja sama dengan Unri untuk penanaman pisang dan bambu di sepanjang aliran sungai juga kita lakukan.

Kita imbau para pelaku PETI ini supaya berkebun. Jangan ada lagi masyarakat yang menghidupkan keluarganya dengan bekerja secara ilegal,” tegas Mursini. Dengan demikian, lanjut Mursini, mayarakat Kuansing bisa bekerja dengan baik dan tenang untuk menghidupkan keluarganya. “Ini kan tidak semua warga yang bergantung hidup dari PETI. Banyak juga yang dari perkebunan, kerajinan dan usaha sendiri,” kata Mursini.(Riap)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »