Saudi Suntikkan Dana 2 Miliar Dolar AS ke Yaman

Dibaca: 2402 kali  Sabtu,20 Januari 2018
Saudi Suntikkan Dana 2 Miliar Dolar AS ke Yaman
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.- Arab Saudi menyuntikkan dana sebesar 2 miliar dolar AS ke Bank Sentral Yaman untuk menopang depresiasi mata uang di negara yang sedang dilanda perang tersebut. Pengumuman itu datang sehari setelah Perdana Menteri Yaman meminta bantuan Riyadh.

Bahkan ia menawarkan untuk mengundurkan diri jika penyuntikan dana dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dana 2 miliar dolar AS pertama kali dijanjikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada November tahun lalu.

Dana itu disimpan di Bank Sentral Yaman (CBY) sesuai dengan keputusan kerajaan. ‘’Karena nilai riyal di Yaman naik, kondisi kehidupan warga Yaman akan berubah menjadi lebih baik,’’ kata sebuah pernyataan dari Saudi, Kamis (18/1).

Namun tidak jelas kapan transfer akan dilakukan. Konflik di Yaman membuat negara itu jadi negara paling miskin di dunia Arab. Harga kebutuhan pokok meroket naik. Jutaan orang berjuang untuk mengakses kebutuhan dasar seperti makanan, air dan bahan bakar. Riyal Yaman turun ke titik terendah, 500 riyal setara dengan 1 dolar AS.

Kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak September 2014 ketika milisi Houthi merebut Sana’a dan menggulingkan pemerintahan Hadi. Ekonom Yaman di Pusat Studi Kajian Sana’a, Amal Nasser mengatakan, pengumuman Saudi merupakan awal yang baik namun tidak akan merubah apapun. (riop)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »