Disebut Fitnah ke PDIP, Anggota PPK Dilaporkan

Dibaca: 5906 kali  Kamis,21 Desember 2017
Disebut Fitnah ke PDIP, Anggota PPK Dilaporkan
Ket Foto : ilustrasi internet

RADARPEKANBARU.COM -- DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut melaporkan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pameungpeuk ke Polres Garut. Anggota PPK tersebut dilaporkan akibat mengunggah foto hoaks.

Pengurus DPC PDI Perjuangan Garut, Yudha Puja Turnawan mengatakan laporan itu dibuat lantaran anggota PPK atas nama Rohendi mengunggah gambar bohong. Menurutnya, unggahan tersebut juga termasuk fitnah bagi PDIP.

"Beliau sudah menyebarkan berita bohong yang memfitnah PDI. Apalagi disebutkan jila PDI tak butuh suara umat Islam. Padahal 90 persen suara PDIP itu dari umat Islam," katanya pada wartawan, Rabu (20/12).

Ia menyebut unggahan tersebut melanggar Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pasal 28 ayat 1. Ancaman hukumannya, sambungnya, maksimal enam tahun atau denda 1 miliar rupiah.

"Beliau juga sudah melanggar peraturan KPU nomor 31 tahun 2008, tentang kode etik penyelenggara pemilu. Yang bersangkutan sudah menunjukkan sifat partisannya. Padahal itu tidak boleh," ujarnya.

Selanjutnya, PDIP juga akan melaporkan Rohendi ke Panwaskab Garut dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Pelaporan ke kedua lembaga itu tak akan menunggu hasil dari kepolisian. Ia ingin mengurangi kampanye hitam ke PDIP lewat upaya pelaporan ini. "Berita hoaks ini sudah harus ditanggulangi. Jangan asal menyebarkan berita kalau belum jelas sumbernya. Ini jadi pelajaran juga untuk masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Garut, AKP Hairulah mengkonfirmasi adanya pengurus DPC PDI Perjuangan Garut yang melaporkan anggota PPK. "Iya betul pengurus DPC PDI telah laporan ke kami. Terkait kasus unggahan di facebook oleh salah satu anggota PPK," sebutnya

Sebelumnya, Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut memantau adanya postingan salah satu anggota PPK yang memasang gambar hoax di postingan facebook.

Pada postingan facebook di akun Hen Hadian Hadi, memasang foto yang bertuliskan "PDI P Tidak Butuh Suara Umat Islam". Di bawah tulisan tersebut juga tercantum nama Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

Tertera juga lambang partai PDI di samping tulisan. Selain gambar PDI, di bagian paling bawah terdapat lambang beberapa partai yakni PKB, Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, dan Perindo. (rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »