Kecam Trump, Massa Bentangkan Bendera Merah Putih 1,5 Km di Semarang

Dibaca: 5392 kali  Jumat,08 Desember 2017
Kecam Trump, Massa Bentangkan Bendera Merah Putih 1,5 Km di Semarang
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM - Unjuk rasa mengecam pengakuan Amerika Serikat (AS) terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel digelar di Kota Semarang di tengah hujan. Massa membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 1,5 km dan mengibarkan bendera Palestina.

Salah satu kelompok massa yang menggelar aksi yaitu dari PKS yang dimulai dari Masjid Baiturrahman kawasan Simpang Lima Semarang. Mereka meneriakkan yel-yel membela Palestina.

"Palestina, Palestina, bebaskan bebaskan!" teriak massa sambil mengangkat bendera merah putih dan bendera Palestina, Jumat (8/12/2017).
 

Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Kamal Fauzi mengatakan aksi tersebut untuk mengecam pernyataan Presiden Amerika, Donald Trump soal Yerusalem. Kamal juga mengungkapkan setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo agar negara-negara Muslim bersatu untuk mengecam hal itu.

"Kami mendukung sikap pemerintah Indonesia yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Kita sebagai bangsa dengan penduduk Muslim terbesar, bisa menggalang dukungan dari negara Muslim lainnya," kata Kamal.

Ketika hujan mulai turun, massa kemudian mulai berjalan memutari lapangan Pancasila Simpang Lima sembari membentangkan bendera merah putih yang memanjang sejauh 1,5 km.

Mereka berjalan menuju Jalan Pahlawan dan bergabung dengan massa dari Forum Umat Islam Semarang (FUIS) yang juga menggelar unjuk rasa dengan tema yang sama di air mancur Jalan Pahlawan.

Koordinator aksi dari FUIS, Wahyu Kurniawan mengatakan pihaknya menilai pemindahan kedutaan Amerika ke Al Quds merupakan bentuk arogansi Amerika dan menghina umat Islam.

"Pemindahan kedutaan Amerika ke Al Quds merupakan bentuk intervensi dan dukungan terhadap sekutu Israel. Padahal selama ini Amerika mencitrakan dirinya ikut terlibat perdamaian dunia," kata Wahyu.

Hingga pukul 15.00 WIB aksi unjuk rasa masih berlangsung dan hujan sudah mulai reda. Aksi tersebut cukup menarik perhatian pengguna jalan yang melintas.(dtk)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »