Kadin Riau Targetkan Transaksi Rp50 Miliar Dalam MEA Ekspo

Dibaca: 3410 kali  Selasa,21 November 2017
Kadin Riau Targetkan Transaksi Rp50 Miliar Dalam MEA Ekspo
Ket Foto : Kadin Riau Targetkan Transaksi Rp50 Miliar Dalam MEA Ekspo

RADARPEKANBARU.COM -  Kamar Dagang dan Industri Riau bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau menargetkan transaksi sebesar Rp50 miliar dalam KADIN Riau MEA Ekspo ke-II, di Arena Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Kota Pekanbaru, pada 23-26 November 2017.

"Target transaksi sebesar Rp50 miliar itu optimistis tercapai apalagi peserta ekspo yang sudah konfirmasi positif mencapai 75 persen dari 90 peserta yang mendaftar, dan mereka didominasi oleh pelaku usaha di Provinsi Riau, Bandung, Jakarta,  Sumatera serta Sumbar," kata Beta Dennis dari PT Atiro Luki Mediatama di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, pada tahun 2016 dalam ajang ekspo yang sama ditargetkan sebesar Rp25 miliar transaksi jual beli dan terealisasi sebesar Rp15 miliar, sedangkan peserta banyak berasal dari kalangan kantor, dinas dan instansi pemerintah.

Namun kini, katanya, peserta dari kalangan kantor pemerintah justru berkurang dan lebih banyak berasal dari kalangan usaha sehingga diharapkan target bisa terdukung.

"Melalui KADIN Riau MEA Ekspo tersebut diharapkan penerapan dan pemberlakukan MEA di Indonesia bisa berjalan sukses," katanya.

Selain peserta dalam ngeri, katanya, sejumlah peserta dari ASEAN yang ambil bagian dan telah mengkonfirmasikan kedatangan mereka adalah Malyasia, Brunai Darussalam dan Thailand.

Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Luar Negeri KADIN Riau Viator Butarbutar mengatakan, suksesnya penyelangaraan ekspor pertama dan diharapkan juga terjadi pada ekspo ke-II ini. Diyakini ke depan periode ekspo kelima tentunya Riau akan menjadi transaksi bisnis, investasi dan pariwisata internasional.

Sebab, katanya pada ekspo tahun 2016 tercatat pengusaha Thailand meminta bantuan KADIN Riau untuk mencarikan potensi tambang Timah.

"KADIN Riau sudah membantu pengusaha Thailand mencarikan hubungan ke Bangka Belitung yang memiliki potensi deposit timah cukup besar di Indonesia," katanya.

Jadi, katanya, selain sebagai sarana mempromosikan aneka produk industri di Riau, ajang ekspo ini sekaligus
juga turut mempromosikan produk-produk unggulan daerah lain.

Wakil Ketua Umum KADIN Riau, Iva Desman mengatakan, kegiatan ini mendapat respon dari DPP KADIN apalagi tercatat baru KADIN Riau yang menggelar MEA Ekspo pertama di Indonesia bahkan kini memasuki MEA eskpo kedua.

"Semoga kegiatan ini berjalan sukses dan akan tetap menjadi agenda tahunan untuk masa datang," katanya. (ant)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »