Jasa Raharja Salurkan Bantuan Senilai Rp168 Juta Untuk Pelaku UMKM

Dibaca: 6787 kali  Rabu,08 November 2017
Jasa Raharja Salurkan Bantuan Senilai Rp168 Juta Untuk Pelaku UMKM
Ket Foto : Jasa Raharja Salurkan Bantuan Senilai Rp168 Juta Untuk Pelaku UMKM

RADARPEKANBARU.COM - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau memberikan bantuan kredit kemitraan Rp168 juta pada UMKM yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan guna meningkatkan produktivitas usaha mereka.

"Bantuan diberikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial korporasi Jasa Raharja terhadap lingkungan, dan turut berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat sekitar," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau H. Widayana di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, kredit yang diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN nomor PER-02/MBU/07/2017 tanggal 5 Juli 2017 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Ia mengatakan, dalam Bab III Pasal 8 point 1a disebutkan setiap BUMN wajib menyisihkan laba bersih maksimum sebesar 4 persen untuk program kemitraan dan bina lingkungan.

"Diharapkan dengan diserahkannya program-program Kemitraan dan Bina Lingkungan tersebut dapat memberdayakan masyarakat sekitar sebagai bagian dari stakeholders Jasa Raharja dalam meningkatkan taraf ekonomi dan menunjang aktivitas untuk bersosialisasi," katanya.

Ia menyebutkan, Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara mempunyai tugas utama menjalankan UU. No. 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU. No. 34 tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu lintas Jalan.

Sedangkan bantuan kemitraan di bidang jasa disalurkan kepada Desy Yulia Parta beralamat di Jalan Pemuda, Perum Siak Sari  Rescidence B6/24 Tampan, Payung Sekaki, dengan kredit sebesar Rp35 juta,  Afrizal di Perumnas Peputra Maju Blok 52 RT. 01, RW 08 Muara Fajar dengan kredit Rp25 juta.

Berikutnya Saharudin di Jalan Nusa Indah Perum Akasia R, Rejosari Tenayan Raya sebesar Rp25 juta dan Rifa Andriani di Jalan Pendidikan, Perum Karya Yepupa Indah Blok B2, Sidomulyo Barat, Tampan Rp20 juta serta Puspa Mayasari di Jalan H Imam Munandar Gg Pribadi No 367 RT 04, RW 13, Tangkerang Utara, Bukit Raya sebesar Rp15 juta.

Selain itu bidang perdagangan kepada Maivi Novita beralamat di Perum Cendana II Blok N 17, Tangkerang Timur Tenayan Raya bantuan senilai Rp10 juta, Nova Susanti di Jl Bukit Barisan No 81, Pematang Kapau Tenayan Raya bantuan sebesar Rp25 juta,  Suyati di Komp Delima Puri Blok V 12 RT 07 RW 06 Delima, Tampan sebesar Rp13 juta.

"Jasa Raharja juga menyalurkan  bantuan Program Bina Lingkungan dengan realisasi periode Januari-November 2017 tercatat sebesar Rp175 juta atau 60 persen dari plafon anggaran bina lingkungan sebesar Rp290 juta itu.  Bantuan bina lingkungan ini akan direalisasikan 100 persen hingga Desember 2017," katanya.

Sementara itu untuk program kemitraaan Jasa Raharja Cabang Riau sampai dengan November 2017 sudah tersalurkan 100 persen ke mitra binaan Jasa Raharja yaitu sebesar Rp1.350.000.000.

Ia menjelaskan bantuan maksimal diberikan kini sudah meningkat dari sebelumnya Rp25 juta menjadi Rp35 juta, akan tetapi suku bunga kredit justru menurun dari 6 persen sebelumnya tahun ini menjadi 3 persen.

"Untuk kredit tertunggak tercatat sebesar 6 persen dan itu masih berada pada batas toleransi. Penyebab tunggakan antara lain karena kesulitan ekonomi dan usahanya macet," katanya.

Namun demikian, mitra yang dibantu adalah yang telah lolos survei lapangan, selain itu Jasa Raharja juga memberikan pembinaan berkala kepada UMKM, berupa teknik pengembangan usaha dan juga diikutkan untuk pameran.

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »