Sambut Tahun Baru Islam ,Ayat Cahyadi Lepas Peserta Pawai Taaruf Ribuan Pelajar Pekanbaru

Dibaca: 8611 kali  Kamis,21 September 2017
Sambut Tahun Baru Islam ,Ayat Cahyadi Lepas Peserta Pawai Taaruf Ribuan Pelajar Pekanbaru
Ket Foto : Pawai taaruf dilepas oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi disaksikan Forkopimda, Ka Kankemenag Kota Pekanbaru, pengawas, pejabat pemko dan masyarakat sekitar.  

RADARPEKANBARU.COM - Sebanyak 2.106 murid dari 70 Raudhatul Athfal Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, beserta 250 guru melakukan pawai  taaruf yang dipusatkan di Masjid Raya Pekanbaru untuk menyemarakan penyambutan tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah atau pada Kamis (21/9).

Pawai taaruf ini dilepas oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi disaksikan Forkopimda, Ka Kankemenag Kota Pekanbaru, pengawas, pejabat pemko dan masyarakat sekitar.  

Pawai taaruf ini disemarakan oleh anak-anak Raudhatul Athfal (RA) dan mereka tampak antusias, penuh semangat menelusuri rute jalan yang telah ditetapkan panitia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Edwar S Umar  mengatakan bangga kepada K3RA yang telah bekerja keras sehingga sukses melaksanakan pawai taaruf dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H.

"Tingkatkan pendidikan dan akhlak anak-anak kita melalui Raudathul Athfal untuk mewujudkan slogan RA Kota Pekanbaru, mari berhijrah menuju akhlak mulia," katanya.

Sementara itu Ketua K3RA Syukriah mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan tahun baru Islam kepada anak-anak sejak dini. Dengan harapan dapat meningkatkan ketakwaan anak didik dan memiliki akhlak mulia serta cinta Al Quran dan Sunah Rasulullah SAW.

Tahun Baru Islam Hijriyah memberikan arti dan makna tersendiri bagi umat Islam. Jika warga dunia merayakan tahun baru dengan penanggalan Masehi, umat Islam menyambut Tahun Baru Islam menggunakan penanggalan Hijriah.

Tahun Baru Islam adalah pergantian tahun dalam Islam menggunakan perhitungan bulan. Tahun Baru Islam dihitung sejak Nabi Muhammad SAW Hijrah dari Mekah menuju Madinah sehingga penanggalan dalam Islam dinamakan Hijriyah.

Berbeda dengan penanggalan nasional dan dunia pada umumnya yang menggunakan perhitungan Masehi dengan sistem matahari dan dimulai pada zaman Nabi Isa As. Tahun Baru Islam adalah pergantian tahun umat muslim yang menggunakan metode penanggalan bulan (qomariyah) dan dimulai sejak Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah ke Madinah. (ant)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »