Peringatan HUT RI ke-72 , Gebyar Konser Danau Napangga Rohil

Dibaca: 4582 kali  Senin,21 Agustus 2017
Peringatan HUT RI ke-72 , Gebyar Konser Danau Napangga Rohil
Ket Foto : Kegiatan Gebyar Konser Danau Napangga Rohil

RADARPEKANBARU.COM- Pemerintah Kepenghuluan Se Kecamatan Tanjung Medan Melakukan kegiatan bersama dalam memeriahkan HUT RI ke-72 tahun 2017, (20/8/2017 ).

Kegiatan dengan konsep 'Gebyar Konser Danau Napangga' turut menghadirkan artis Isma KDI 4 yang didiringi oleh group musik koplo Ganesha asal Rokan Hulu.  

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Riau dapil Rohil Husaimi Hamidi,  Kasi Promosi Disparekraf Riau Andre,  Anggota DPRD Rohil Yunadi Camat dan beberapa Datuk Penghulu Se Kecamatan Tanjung Medan.

Pantauan dilapangan acara berlangsung meriah, ratusan masyarakat turut menghadiri kegiatan ini.

Untuk diketahui Danau Napangga adalah salah satu danau yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang menjadi objek wisata setempat. Danau yang memiliki luas sekitar 500 hektar ini dahulunya merupakan tempat persinggahan Raja. Juga hidup masyarakat bonai yang merupakan salah satu suku asli penduduk yang ada di Rokan Hilir.

Pesona alam Danau Napangga sangat indah dan memiliki air danau yang sangat tenang dan nyaman untuk berenang. Danau Napangga sangat cocok untuk tempat pelepas lelah atau hanya untuk sekedar menikmati keindahan Danau Napangga mencari inspirasi.

Danau Napangga berlokasi di Hulu Sungai Kumuh, Kecamatan Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia. Di dalam Danau Napangga juga terdapat sumber air panas dan spesies ikan Arwana Sumatera/Khayangan yang mana ikan ini adalah jenis spesies ikan yang langka dan juga mahal harganya.

Kawasan Danau Napangga memiliki kawasan yang asri dan juga terdapat pohon-pohon rimbun menambah kesejukan Danau Napangga. Para pengunjung tidak akan kesulitan untuk menuju ke lokasi Danau Napangga, jalan yang sudah hampir semua diaspal. Dan juga di kawasan itu terdapat tempat pembelian souvenir bagi para wisatawan yang berkunjung ke Danau Napangga.
 
Danau Napangga berpotensi untuk pengembangan wisata air, mendayung, parasailing, sky air, memancing dan menyelam.

Mahasiswa Dukung Pemerintah Kembangkan Pariwisata Rohil

Himpunan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Tanjung Medan (HIPMA-KTM) melalui beberapa pengurusnya turut hadir dari Pekanbaru.

Mahasiswa sempat menggelar aksi refleksi kepariwisataan di Kecamatan Tanjung Medan, yang dikemas dalam pernyataan sikap berisi 10 poin.

Berikut pernyataan sikap HIPMA-KTM :

1. Mendukung program pemerintah dalam memajukan sektor Pariwisata di Provinsi Riau dan Indonesia secara umum.

2. Mendorong dan merekomendasikan Napangga Indah di Kepenghuluan Tanjung Medan sebagai kawasan strategis Pariwisata di Provinsi Riau.

3. Mendorong dan merekomendasikan Air Panas Tangga Batu di Kepenghuluan Tangga Batu sebagai kawasan strategis Pariwisata di Kabupaten Rokan Hilir.

4. Meminta stage holder,  dalam hal ini Pemerintahan Provinsi Riau, Anggota DPRD Riau Dapil Rohil, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Anggota DPRD Rohil Dapil III,  Pemerintah Kecamatan Tanjung Medan, serta Pemerintah Desa Tanjung Medan dan Pemerintah Desa Tangga Batu Berintegrasi dan Aktif melakukan upaya pengembangan kawasan Pariwisata Napangga Indah dan Air Panas Tangga Batu.

5. Mendesak perusahaan negeri dan swasta yang beroperasi di lingkungan Kecamatan Tanjung Medan untuk Proposional dalam menjalankan program Coorporate Social Responsibilty (CSR), terlebih untuk program dukungan pengembangan Kepariwisataan di Kecamatan Tanjung Medan.

6. Menolak segala bentuk konspirasi yang dapat menguntungkan oknum/kelompok tertentu jika ada upaya-upaya kongkrit dalam proses pengembangan Pariwisata di Kecamatan Tanjung Medan.

7. Meminta stage holder terkait untuk transparan dan intensif melakukan komunikasi serta berkoordinasi dengan tokoh adat/agama, tokoh pendidikan, tokoh pemuda/mahasiswa dalam upaya pengembangan Pariwisata Napangga Indah dan Air Panas Tangga Batu guna mewujudkan kawasan wisata yang menjunjung nilai-nilai luhur keagamaan dan kebudayaan setempat.

8. Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan kawasan pariwisata di kecamatan Tanjung Medan.

9. Mengecam tindakan perusakan lingkungan yang dlakukan oleh phak yang tidak bertanggung jawab karena dapat merusak citra Kepariwisataan.

10. Menghimbau masyarakat media sosial untuk senantiasa menggunakan tagar #WonderfullTanjungMedan #TanjungMedanKampungWisata #NapanggaIndah #AirPanasTanggaBatu dalam setiap postingan berlatar tempat kawasan wisata di Kecamatan Tanjung Medan.


Koordinator Aksi Andi Lasmiandi mengatakan bahwa pernyataan sikap ini dikeluarkan sebagai bentuk harapan mahasiswa Rohil agar pariwisata di Tanjung Medan dapat dilirik oleh pemerintah kabupaten dan Provinsi.

"Aksi ini kami sebut sebagai Refleksi Kepariwisataan Kecamatan Tanjung Medan, aksinya sederhana, setelah kami rumuskan pernyataan sikap,  kami hanya publikasikan itu ke masyarakat melalui selebaran sewaktu acara gebyar dangdut napangga, dan ada juga langsung kami serahkan ke stage holder terkaita," kata Andi Lasmiandi.

Hal senada ditegaskan Ketua Umum HIPMA KTM, Zunnur Roin mengapresiasi atas terselenggaranya Konser Gebyar Napangga dengan mengundang artis ibu kota.

Aksi ini adalah kegiatan positif untuk langkah promosi objek wisata di Tanjung Medan. Hanya saja kita lebih berharap ada subprogram promosi yang lebih mengedepankan sumber daya budaya lokal, kata Zunnur.

Terkait sikap dalam aksi refleksi kepariwisataan itu dibuat atas dasar kebutuhan saat ini.

"Menariknya,  ada beberapa sikap kita yang serupa dengan yang diucapkan Camat Tanjung Medan.  Saya fikir ini hasil komunikasi kita juga sebelumnya.  Sikap tersebut jelas dan tegas, hanya saja stage holder jangan sampai tertutup untuk hal beginian,  jangan sampai ekslusif seakan ada udang dibalik batu.  Saya fikir maksud ucapan saya ini tafsirkan saja dari maksud pernyataan sikap yang kami Buat," tegas Zunnur. (rls)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »