Tim Verifikasi Dewan Pers Kunjungi Radar Pekanbaru

Dibaca: 11623 kali  Rabu,16 Agustus 2017
Tim Verifikasi Dewan Pers Kunjungi Radar Pekanbaru
Ket Foto : Tim Verifikasi yang turun melakukan pengecekan langsung ke Kantor Radar Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COM- Tabloid Radar Pekanbaru menjadi salah satu media massa yang diverifikasi faktual oleh Dewan Pers melalui Tim Verifikasi Media SPS (Serikat Perusahaan Pers) Riau, rabu (16/8/2017).

Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi oleh Dewan Pers, Tim kemudian melanjutkan dengan proses verifikasi faktual.

Tim Verifikasi yang turun melakukan pengecekan langsung ke Kantor Radar Pekanbaru adalah Saidul Tombang (Ketua Tim), Khairul Amri dan Maskur.

“Verifikasi faktual ini adalah rangkaian dari proses yang dilakukan oleh Dewan Pers. setelah sebelumnya Tim juga telah memverifikasi sejumlah media di Riau, siang ini agenda memverifikasi Radar Pekanbaru ,” ujar Ketua Tim Verifikasi Media SPS Riau, Saidul Tombang.

Ditambahkan anggota Tim Verifikasi, Khairul Amri, pihaknya hanya menjalankan tugas verifikasi faktual sebagai perpanjangan tangan Dewan Pers.

“Nantinya, perusahaan pers yang sudah lulus verifikasi akan diberikan sertifikat, dan diberi logo “QR code” untuk media cetak dan online oleh Dewan Pers,” ujarnya.

Saat menerima Tim, Dirut Radar Pekanbaru Bunyana,ST yang didampingi Wakil Pemimpin Umum (Pempimum) Khairuddin Al Young Riau, Manajer HRD/Umum Indra Jaya, Ombudman Radar Subur Ratno,SH dan Kuasa Hukum Radar Pekanbaru Alamsah,SH.


Segera akan diadakan pleno tim verifikasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau memutuskan nasib sejumlah media yang diverifikasi.

Selanjutnya berkas verifikasi akan dikirim ke Dewan Pers lewat SPS Pusat di Jakarta untuk dilakukan penilaian akhir, dalam waktu dekat.

Sementara jumlah media cetak yang sudah diverifikasi faktual oleh tim, selama dua pekan lalu, sebanyak 17 surat kabar di Riau, terdiri dari harian, mingguan dan tabloid.

Mengenai prosedur kerja tim verifikasi media SPS Riau, Saidul menjelaskan, bahwa ini sesuai dengan surat tugas dari SPS Pusat yang ditindaklanjuti dengan surat tugas dari SPS Riau kepada tim verifikasi media yang sudah dibentuk. Dan, sesuai mandat maka tim untuk saat ini memprioritaskan terlebih dahulu verifikasi faktual bagi media cetak.

"Untuk saat ini tim verifikasi fokus ke media cetak dulu, baik harian, mingguan, atau tabloid. Sedangkan online belum kita verifikasi. Itu sesuai surat tugas dan mandat dari SPS Pusat," kata Saidul.

Sementara itu, Ketua SPS Riau H Zulmansyah Sekedang sangat mengapresiasi kerja tim verifikasi. Ia berterima kasih tim sudah bekerja sesuai target yang ditetapkan. Ia meminta hasil pleno tim nantinya segera diserahkan ke Jakarta.

"Mudah-mudahan SPS Pusat bisa pula segera mengeluarkan surat keputusan lolos verifikasi terhadap sejumlah media yang telah diverifikasi," pungkasnya. (alam)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »