PLN UIP II Sumbagut Gelar Pelatihan Keselamatan Ketenagalistrikan Bagi Pekerja dan Mitra

Dibaca: 4713 kali  Selasa,15 Agustus 2017
PLN UIP II Sumbagut Gelar Pelatihan Keselamatan Ketenagalistrikan Bagi Pekerja dan Mitra
Ket Foto : Pelatihan dan pemahaman Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Pekerja dan Mitra Kerja ini dilaksanakan di aula kantor UPKJS II di Jl Setia Budi Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COM- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Konstruksi Jaringan Sumatera (UPKJS) II menggelar kegiatan pelatihan bagi para pekerja dan mitra kerjanya, Selasa.

Latihan bertujuan untuk mencapai target "zero accident" dalam lingkungan kerjanya.

Pelatihan dan pemahaman Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Pekerja dan Mitra Kerja ini dilaksanakan di aula kantor UPKJS II di Jl Setia Budi Pekanbaru, Selasa.

Kegiatan ini diikuti sekitar 46 peserta terdiri dari manajemen, supervisor atau pengawas lapangan dan mitra kerja serta utusan dari PLN area Pekanbaru.

Pelatihan ini juga melibatkan dua pemateri yakni Manto Siregar, Sekretaris P2K3 dari PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Utara.
Selain itu Rider Ginting, Kepala Bidang Peningkatan dan Kapasitas SDM Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru juga terlibat sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Pada akhir sesi pelatihan, pemateri dari dinas ini memperagakan simulasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang juga melibatkan para peserta.

Para pemateri mengungkapkan ada empat pilar yang harus menjadi pedoman bagi para pekerja dan mitra kerja PLN dalam hal keselamatan yakni sumber daya manusia atau tenaga kerja. Kemudian masyarakat umum, lingkungan hidup serta instalasi ketenagalistrikan.

Keselamatan Ketenagalistrikan sesuai UU No 30 tahun 2009 yakni setiap usaha Ketenagalistrikan wajib memenuhi ketentuan K2. Tujuannya untuk mewujudkan kondisi andal dan aman bagi instalasi.

Kemudian aman dari bahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya serta ramah lingkungan.

Manajer UPKJS II Rachmat Basuki mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan bisa memacu kinerja para pekerja dan mitra kerja sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku.

"Dengan demikian, berbagai resiko kecelakaan dalam bekerja bisa diantisipasi dan diminamalisir," ujarnya. (ant)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »