Bakar Lahan Untuk Tanam Bibit Labu, Petani di Rohil Ditangkap

Dibaca: 12412 kali  Selasa,25 Juli 2017
Bakar Lahan Untuk Tanam Bibit Labu, Petani di Rohil Ditangkap
Ket Foto : Bakar Lahan Untuk Tanam Bibit Labu, Petani di Rohil Ditangkap

RADARPEKANBARU.COM - Kepolisian Sektor Bangko, Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau melkaukan penangkapan terhadap seorang petani yang diduga sebagai pelaku pembakaran lahan di Kepenghuluan Serusa.

"Pelaku tertangkap tangan sedang mengolah lahan dengan cara membakar menggunakan korek api gas menyalakannya ke rumput dan kering sehingga merambat membakar lahan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa.

Luas lahan yang terbakar dalam keadaan kering lebih kurang 30 meter x 40 meter atau sekitar satu hektare. Hasil konfirmasi terhadap pelaku SA (55), diakuinya sengaja membakar lahan tersebut dengan tujuan untuk menanam bibit labu.

Penangkapan dilakukan pada Senin (24/7) ketika Bhabinkamtibmas Serusa beserta anggota Polsek Bangko mengecek kebenaran titik panas hasil pantauan satelit modis Terra dan Aqua. Diketahui titik koordinat di Serusa Lat 2,258 Long 100,806.

Dari pelaku diamankan korek api gas, parang, dan potongan dahan dan ranting serta rumput kering dalam keadaan terbakar. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti telah di amankan di Polsek Bangko guna pemeriksaan lebih lanjut, sedangkan pemadaman sisa api tetap dilakukan anggota polisi lainnya dan masyarakat.

Pada Senin (24/7) lalu, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi 13 titik panas di Riau. Lima diantaranya berada di Rokan Hilir yang kemudian dicek kebenarannya oleh kepokisian wilayah setempat. (*/ant)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »