Provinsi Riau Surga Harapan Baru Bagi Pencari Kerja Pendatang

Dibaca: 8130 kali  Senin,17 Juli 2017
Provinsi Riau Surga Harapan Baru Bagi Pencari Kerja Pendatang
Ket Foto : Susana di Terminal Tipe A Payung Sekaki Kota Pekanbaru.

RADARPEKANBARU.COM - Kota-kota besar di Indonesia, tidak terkecuali si jantung Provinsi Riau, Kota Pekanbaru memiliki "magnet" bagi pendatang dari luar provinsi "berbondong-bondong" mengadu nasib. Berbagai macam kepentingan menjadi alasan pendatang membanjiri Ibukota provinsi tersebut.
      
Anggota Komisi E DPRD Riau Ade Hartati Rahmat menilai fenonema pendatang memadati ibukota, pasca Perayaan Idul Fitri menjadi sebuah pola yang tidak bisa terpisahkan terjadi setiap tahunnya, kunjungan pendatang ke Pekanbaru tidak bisa diredam, ini karena wilayah yang akan bersiap menuju kota metropolitan ini semakin menjadi daya tarik bagi warga luar untuk mengais rezeki.
      
"Pascalibur Idul Fitri banyak orang yang datang ke Pekanbaru dengan macam-macam kepentingan, mulai dari mencari pekerjaan, melanjutkan pendidikan, dan buka usaha," kata Ade.
       
Imbasnya, akan meninggalkan sejumlah persoalan sosial maupun ekonomi seperti angka pengangguran yang melonjak dan tingginya angka kriminalitas. Untuk menjaga kondusifitas Kota Pekanbaru, Ade meminta meminta pendataan dimulai dari perangkat terkecil pemerintah daerah.
     
"Keterlibatan RT/RW serta Lurah sangat diperlukan, bisa melakukan komunikasi secara persuasif dengan para pendatang, dengan didata ini nantinya agar Kota Pekanbaru tetap aman dan kondusif," tambahnya.
       
Dinilai Politisi Partai Amanat Nasional Riau itu, perangkat terkecil di pemerintahan akan dengan mudah menjangkau pendataan pendatang baru yang berdomisili di lingkungannya.
       
Kemudian, langkah koordinasi selanjutnya diminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, Satuan Polisi Pamong Praja, untuk melakukan langkah-langkah koordinasi yang bersahabat sehingga tidak terkesan mengintimidasi para pendatang.
       
Berdasarkan data Disdukcapil Kota Pekanbaru, pada 2015 pertumbuhan penduduk Pekanbaru mencapai 1,1 juta jiwa, meningkat signifikan dari 2013 yang hanya 975.304 jiwa penduduk.
Laju pertumbuhan laju pertumbuhan penduduk kota Pekanbaru diprediksi terus meningkat hingga 2017 ini. (Ujg)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »