Terminal Pekanbaru Mulai Ramai Pengunjung Arus Balik

Dibaca: 5372 kali  Jumat,30 Juni 2017
Terminal Pekanbaru Mulai Ramai Pengunjung Arus Balik
Ket Foto : foto internet

RADARPEKANBARU.COM - Pengelola Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru menyebutkan arus balik di terminal setempat mulai ramai seiring berakhirnya masa libur Lebaran.

"Penumpang bus dari luar Provinsi Riau mulai ramai. Mereka tiba di Pekanbaru pada pagi, atau siang hari," ucap Koordintaor Terminal Tipe A BRPS Pekanbaru, Achmad Juli di Pekanbaru, Jumat.

Namun, lanjutnya, waktu puncak arus balik ke "Kota Bertuah", julukan Kota Pekanbaru diperkirakan akan terjadi pada H+6 dan H+7 Lebaran atau Sabtu (1/7), dan Ahad (2/7).

Untuk menghadapi puncak arus balik tersebut, pihaknya telah bekerajasama dengan petugas kepolisian untuk menjaga kondisi di terminal tetap kondusif. Para petugas terminal juga disiagakan di pos kedatangan bus untuk menyambut para pemudik yang baru tiba dari kampung halamannya.

"Kami perkirakan H+6 dan H+7 puncaknya. Karena kan banyak juga PNS, dan karyawan yang kembali dari liburan," terangnya. Ia mengaku, setiap hari lebih dari 50 bus terutama angkutan penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) diberangkatkan dari BPRS atau sekedar melintas di terminal tersebut.

Data terakhir, terdapat 42 Perusahaan Otobus (PO) yang terdaftar di Pemerintah Kota Pekanbaru, terdiri dari 38 PO antarkota antarprovinsi (AKAP) dan 14 bus antarkota dalam provinsi (AKDP).

"Lebih banyak bus-bus reguler, ya. Mereka (penumpang) lebih percaya dengan bus yang biasa melintas atau berangkat dari sini," kata Achmad. Ketua Organda Riau, Muhammad Nasir mengaku, jumlah bus yang disiapkan tahun ini mengalami penurunan yakni 2.077 armada dalam menyambut pemudik Lebaran.

"Menurun jumlah bus untuk tahun ini. Karena persaingan antar moda transportasi, dan tumbuhnya kendaraan pribadi," ucapnya. Ia merinci, bus angkutan Lebaran kali ini memiliki 148 perusahaan otobus unit dengan jumlah 2.077 armada, dan tempat duduk yang disediakan 35.483 kursi.

Akan tetapi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau memprediksi terjadi penurunan 0,45 persen jumlah penumpang yang diangkut oleh bus pada arus mudik Lebaran tahun 2017.

"Tahun 2017 animo masyarakat gunakan angkutan bus diprediksi mencapai 23.626 penumpang atau mengalami penurunan sebesar 0,45 persen," ujar Kepala Dishub Provinsi Riau, Arlizman Agus.


 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »