Hari H Lebaran, Trans Metro Pekanbaru Tidak Beroperasi

Dibaca: 8484 kali  Rabu,21 Juni 2017
Hari H Lebaran, Trans Metro Pekanbaru Tidak Beroperasi
Ket Foto : foto internet

RADARPEKANBARU.COM - Selama libur lebaran, Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) akan tetap beroperasi dan tetap melayani penumpang seperti biasa. Hanya saja waktu operasionalnya tidak selama hari biasanya. Seperti H-1 nanti bus TMP hanya beroperasi hingga pukul 17.30 Wib saja.

"Karena kalau sampai malam kan jalan padat, masyarakat Pekanbaru banyak yang melaksanakan takbiran," kata Kepala UPTD PPAP Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto, Rabu (21/6/2017).

Sementara pada hari H lebaran Idul Fitri, pihaknya akan meliburkan seluruh karyawan bus TMP. Mulai dari pramudi, pramuniaga hingga ke tiketing. Saat libur hari H Idul Fitri tersebut, seluruh armada bus TMP akan diparkirkan di halaman terminal BRPS Pekanbaru.

"Bus TMP tidak beroperasi selama satu hari penuh, di hari H Idul Fitri aja. Pada H+1 Bus TMP akan kembali beroperasi seperti biasa," ujarnya.

Sebelumnya, libur sekolah yang bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadan ini ternyata berdampak terhadap jumlah penumpang angkutan umum di Pekanbaru. Selama libur sekolah di bulan puasa ini, jumlah penumpang bus Trans Metro Pekanbaru mengalami penurunan.

Biasanya rata-rata penumpang kategori pelajar perhari bisa mencapai 2.000 orang. Selama ramadan ini rata-rata per hari hanya sekitar 800 orang. Sementara untuk penumpang umum hari biasanya perhari bisa mencapai 8.000 orang, sedangkan di bulan Ramadan ini hanya berkisar 700 orang per harinya.

"Mungkin karena aktifitas sekolah dan kampus libur, jadi berdampak terhadap jumlah penumpang bus TMP," katanya.Selain karena disebabkan libur sekolah, penurunan penumpang juga diprediksi akibat berkurangnya aktifitas masyarakat yang beperpergian keluar rumah selama bulan puasa ini.

"Sekarang ini kan aktifitas masyarakat banyak di dalam rumah dari pada ke luar rumah. Ini yang menyebabkan penurunan penumpang," tukasnya.(mcr)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »