Bandung Bangun RS Modern untuk Warga Miskin

Dibaca: 8589 kali  Rabu,14 Juni 2017
Bandung Bangun RS Modern untuk Warga Miskin
Ket Foto : foto internet

RADARPEKANBARU.COM - Pemkot Bandung akan membangun Rumah Sakit modren khusus untuk warga tidak mampu yang memiliki BPJS. Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pembangunan rumah sakit ini dananya berasal dari sumbangan salah satu konglomerat di Kota Bandung.

"Nantinya, rumah sakit tersebut bernama Mayapada Hospital Bandung. Karena, memang ide awalnya memanfaatkan bangunan Mayapada yang tak terpakai jadi rumah sakit," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (13/6).

Menurut Emil, pembangunan rumah sakit khusus untuk masyarakat miskin ini digagas karena banyak komplain terhadap pelayanan masyarakat. Sehingga, terobosannya adalah bagaimana mendekatkan pelayanan kepada masyarakat menengah ke bawah.

Rumah sakit tersebut, kata dia, akan  menempati Gedung Mayapada Jl Sudirman Kota Bandung. Selama ini, bangunan 14 lantai tersebut bertahun-tahun tidak terpakai. "Alhamdulillah bersepakat akan mengkonfersi (gedung) menjadi rumah sakit dengan fokus menengah bawah. Difasilitasi oleh BPJS, kalau orang miskin kan BPJS-nya dibayarin Pemkot," katanya.

Pengusaha Mayapada, kata Emil, meminta waktu sembilan bulan untuk merenovasi bangunan. Sehingga, bisa menjadi klinik dan ruang rawat inap. "Mereka bilang beri waktu sembilan bulan untuk merenovasi. Sekitar Juni-Juli 2018 bisa beroperasi," katanya.

Selain akan membangun rumah sakit, menurut Emil, Pemkot Bandung pun memiliki terobosan yang lain. Karena, selama ini banyak masyarakat yang  komplain terhadap layanan BPJS Kesehatan . "Jadi terobosannya, bagaimana mendekatkan layanan ke masyarakat," katanya.

Dikatakan Emil, bulan depan Pemkot Bandung akan menerjunkan puluhan doktor dan perawat untuk rawat inap di rumah masyarakat miskin masing-masing. "Dengan mendatangkan dokter dan perawat, ini biayanya nanti jauh lebih murah. Karena kan tak antre," katanya.(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »