Bupati Azis Ajak Masyarakat Bersatu dan Membangun Kampar

Dibaca: 8154 kali  Rabu,24 Mei 2017
Bupati Azis Ajak Masyarakat Bersatu dan Membangun Kampar
Ket Foto : foto internet

RADARPEKANBARU.COM - Bupati Kampar Azis Zaenal memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tahun 2017 tingkat Kabupaten Kampar di Lapangan Pelajar, Bangkinangkota, Rabu (24/5/2017).

Selain menyampaikan amanat Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) RI, Bupati Azis Zaenal juga menyampaikan sejumlah pesan. Di antaranya imbauan agar masyarakat Kampar bersatu dan bersama-sama membangun dan menjadikan Kampar menjadi kabupaten terbaik di Riau.

Sementara saat membacakan amanat Menkominfo RI, Bupati menegaskan semangat Kebangkitan Nasional seakan tidak pernah memudar, hal ini ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, sampai sekarang pun tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak sebagai bangsa Indonesia.

Lebih jauh Bupati mengatakan, betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan ke-Indonesiaan, ketika infrastruktur, transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran ke-Indonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat.

Ke depan ujar Bupati, sebagaimana Presiden RI JokoWidodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan antar wilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan mempekuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Pada awal tahun 2017 ini, meski secara angka membaik dibanding tahun sebelumnya, koefisien nisbah gini atau gini ratio, yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen. Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks tersebut melalui berbagai langkah yang multidimensi.

Mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh pendudukIndonesia.

Berlatar belakang pemikiran itu maka tema Harkitnas tahun ini "pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan nasional " ini adalah pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kepada masyarakat dan bangsa.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Di antaranya sektor Kelistrikan, Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur termasuk dalam bidang Agraria telah diluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertumpu pada 3 pilar yaitu Lahan, Kesempatan dan SDM yang menitikberatkan pada reforma Agraria, termasuk legalisasi lahan transmigrasi, pendidikan dan pelatihan vokasi, perumahan untuk masyarakat miskin perkotaan, serta ritel modern dan pasar tradisional.

Selain itu Pemerintah juga melakukan upaya pemerataan di sektor Kominfo melalui program palapa ring, berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaanInternet berkecepatan tinggi (broadband) dapat dinikmati secara luas.

Semoga kita semua bisa meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat, sentosa dan berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat. hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan RepublikIndonesia ini akan tetap jaya.

Usai membacakan sambutan Menkominfo, Bupati Kampar Azis Zainal menambahkan seraya mengajak semua unsur dan lapisan masyarakat Kampar agar dapat bergandengan tangan, lupakan masa lalu, kesenjangan sosial masih banyak dirasakan disebabkan belum meratanya penerangan listrik di daerah kita, begitu juga pendidikan dan kesehatan masih banyak yang belum terlayani dalam meningkatkan harapan hidup masyarakat kita.

Di bidang pendidikan, kita juga masih kurang, untuk itu kepada para guru dan anak didik yang ikut pada upacara Harkitnas, Bupati berpesan, ke depan persaingan semakin tinggi untuk dapat menghadapi itu semua dengan bekal ilmu agar bisa bersaing, ekonomi masih dikuasai pihak asing. "Mari kita berjuang bersama-sama untuk menjadi Kabupaten Kampar yang terbaik di Provinsi Riau," ucapnya.(rb)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »