Berharap Lahirkan Banyak Pengusaha

Chairul Tanjung : UIR Universitas Swasta tapi Lebih Lebih Besar dari Universitas Negeri

Dibaca: 12024 kali  Selasa,23 Mei 2017
Chairul Tanjung : UIR  Universitas Swasta tapi Lebih Lebih Besar dari Universitas Negeri
Ket Foto : CT Beri Kuliah Umum ke 1.500 Wisudawan Universitas Islam Riau

RADARPEKANBARU.COM - Pengusaha nasional pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, menjadi motivator bagi 1.500 wisudawan di Universitas Islam Riau (UIR) di Pekanbaru. Pria yang akrab disapa CT itu berpesan agar wisudawan berani menerima tantangan dengan menguasai perkembangan teknologi.

Acara ini digelar, Sabtu (20/5/2017) di Kampus UIR di Jl KH Ruddin Nasution wilayah Marpoyan, Pekanbaru. Dalam kesempatan itu, CT memberikan sejumlah pengalamannya selaku pengusaha sukses terhadap wisudawan.

CT memberi contoh, dari tahun ke tahun dunia usaha terus mengalami masa perkembangan yang terus berinovasi dengan dunia internet.

"Sekarang ini, orang berjualan sudah tidak perlu tempat. Bisa menggunakan teknologi yang ada, ada jualan lewat Facebook, Twitter, WhatsApp. Ini contoh pergeseran dunia usaha yang terjadi saat ini," kata CT.

CT menyebutkan, kehidupan ke depan bahwa masyarakat nantinya tidak bisa terlepas dengan dunia internet. Dia mengumpamakan, dulu mahasiswa untuk mencari materi perkuliahan harus mencari data ke perpustakaan. Namun dengan generasi informasi teknologi sekarang, mahasiswa cukup search di internet.

"Perubahan yang terjadi sekarang, cukup tanya Mbah Google semuanya selesai. Betul apa tidak? Dulu orang bertransaksi harus ke toko, sekarang bisa ke e-commerce. Dulu orang berkomunikasi pakai telepon, pakai SMS, sekarang orang terkoneksi lewat internet. Era semua ini mengarah kepada namanya internet of things," kata CT.

CT menyebutkan dulu, untuk menang dalam kompetisi cukup dengan bermodalkan efesien dan produktif. Dengan modal tersebut, setiap orang sudah bisa untuk bertahan hidup.

"Tapi itu dulu. Sekarang tidak cukup hanya bermodalkan produktivitas dan efisiensi saja. Tapi harus ada inovatif, kreatif, spirit dan jiwa entrepreneurship.

"Dengan berbekal inovatif, kreatif dan jiwa entrepreneurship kita harapkan generasi kita ke depan bisa bersaing dengan dunia internasional. Dengan bermodalkan itu, sekarang sudah banyak anak-anak muda yang menjadi miliuner," kata CT sembari mencontohkan terhadap pemilik teknologi informasi seperti bukalapak.com dan Go-Jek.

Dia berharap, untuk melahirkan orang-orang yang kreatif, inovatif tersebut harus dididik di perguruan tinggi.

"Saya berpesan khususnya untuk kampus Universitas Islam Riau ini, karena ini universitas swasta tapi lebih lebih besar dari universitas negeri. Jadi, oleh karenanya, kembali saya berpesan, kampus ini harus menjadi universitas pertama di Riau yang mengedepankan, inovasi, kreatif dan entrepreneurship untuk menjadi pilar utama dalam pembinaan sumberdaya manusia," tutup CT.

Selanjutnya, CT bersama Rektor UIR, Prof DR Detri Karya saling bertukar cendera mata. Salah satunya CT memberikan buku 'Anak Singkong' yang sudah ditandatanganinya. Kehadiran dalam memberikan motivator mendapat sambutan hangat para wisudawan. (cha/ang/dtc)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »