Dewan Riau Usulkan Pembangunan Lapas Baru

Dibaca: 7728 kali  Selasa,09 Mei 2017
Dewan Riau Usulkan Pembangunan Lapas Baru
Ket Foto : Anggota Komisi A DPRD Riau Kordias Pasaribu

RADARPEKANBARU.COM-DPRD Riau mengusulkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia setempat untuk membangunan Lembaga Pemasyarakatan baru dengan kapasitas huni lebih besar.

Demikian disampaikan Anggota Komisi A DPRD Riau Kordias Pasaribu Senin, 9 Mei 2017 di Pekanbaru. Menurutnya, usulan pembangunan Lapas sebagai solusi atas persoalan kelebihan kapasitas huni yang menyebabkan segudang polemik yang terjadi, sehingga berimbas pada kaburnya 448 tahanan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pekanbaru Jumat (5/5) lalu.

"Over kapasitas selalu menjadi persoalan, tetapi tidak ada solusi yang dicari. Kapasitas yang seharusnya 400 orang, mana bisa diisi 1.800 orang, akibatnya banyak pelanggaran ditemukan" sebut Kordias.

Menanggapi ratusan napi yang kabur dengan banyaknya persoalan yang tidak manusiawi termasuk dugaan pungutan liar oleh oknum di Rutan Sialang Bungkuk, membuat pihaknya cukup geram.

Ia bahkan dengan tegas mengatakan, agar perbaikan sistem dilakukan secara menyeluruh temasuk pemberhentian Kepala Rutan serta Kepala Kanwil Kemenkumham Riau agar menimbulkan efek jera.

"Ini kelalaian fatal, kita minta (Kakanwil)nya dicopot, kalau tidak ada efek jera bagi pimpinannya maka akan terulang lagi kasus serupa" pinta Kordias.

Politisi PDI-P ini turut mendesak terhadap sisa tahanan yang masih buron agar dipublikasikan, sehingga masyarakat dapat waspada dan segera melaporkan jika ada indikasi yang mencurigakan. (Erik)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »