Ribuan Pengunjung Kunjungi Pameran Keliling Kartini

Dibaca: 10041 kali  Rabu,19 April 2017
Ribuan Pengunjung Kunjungi Pameran Keliling Kartini
Ket Foto : R.A Kartini

RADARPEKANBARU.COM - Sebanyak 1.500-an pengunjung kunjungi pameran keliling tentang sisi lain RA Kartini di kompleks Museum RA Kartini, Jepara, Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh Museum Kebangkitan Nasional yang bertepatan dengan Hari Kartini.

Menurut Kasi Pengkajian Koleksi Museum Kebangkitan Nasional Isnudi di Jepara, Rabu, jumlah pengunjung sebanyak itu merupakan pengunjung dari hari pertama dibuka pada Senin (17/4) hingga Rabu (19/4). Sementara jadwal pameran, katanya, akan berakhir hingga Sabtu (22/4).

Tema pameran keliling tersebut, katanya, disesuaikan dengan daerahnya, termasuk di Jepara karena bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, maka tema pameran kelilingnya tentang sisi lain RA Kartini.

Untuk menarik minat pengunjung, katanya, Museum Kebangkitan Nasional menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara. "Harapannya, pemda setempat menyosialisasikan pameran tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, pameran keliling dengan tema "sisi lain Kartini" tampil beda dengan Museum Kartini Jepara.
"Jika Museum Kartini Jepara menampilkan sejumlah koleksi mulai dari foto, sejumlah benda maupun perabot rumah semasa hidup Kartini, maka pameran keliling menampilkan narasi soal sejarah RA Kartini dari mulai lahir hingga meninggalnya pejuang emansipasi wanita tersebut," ujarnya.

Dalam pameran dengan model tersebut, dia berharap masyarakat, terutama generasi muda di Kabupaten Jepara mengenal sejarah pergerakan tokoh nasional.

"Setidaknya, nilai-nilai positif dari perjuangan tokoh nasional tersebut bisa diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama semangat pantang menyerah RA Kartini semasa hidupnya dalam memperjuangkan emansipasi wanita," ujarnya.

Tujuan lain pameran tersebut, yakni untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta untuk membangun karakter generasi muda yang lebih baik di era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini.
Dalam rangka mendongkrak tingkat kunjungan generasi muda ke museum, kata dia, perlu ada terobosan yang bisa mendorong mereka mendatangi museum.

"Jika memungkinkan, tentunya pemkab setempat bisa menyesuaikan kecanggihan teknologi informasi dengan membentuk aplikasi yang berisi tentang koleksi Museum RA Kartini," ujarnya.

Terkait dengan koleksi pameran keliling, katanya, nantinya akan diberikan kepada Museum RA Kartini
Milla, salah seorang pengunjung pameran keliling mengakui, dirinya mengunjungi pameran keliling dalam rangka menemani anaknya yang masih berusia taman kanak-kanak.

Karena sebelumnya sudah berkunjung ke Museum Kartini, kata dia, anaknya yang masih duduk di bangku TK tersebut, tertarik berkunjung lagi. Akhirnya, lanjut dia, anaknya itu ditemani berkunjung kembali ke Museum Kartini sekaligus mengunjung pameran keliling yang digelar oleh Museum Kebangkitan Nasional.(***)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »