Setiap Hujan Satlantas Pekanbaru Sibuk Mengatur Lalin Jalan Tergenang Banjir

Dibaca: 8450 kali  Selasa,14 Maret 2017
Setiap Hujan Satlantas Pekanbaru Sibuk Mengatur Lalin Jalan Tergenang Banjir
Ket Foto : Setiap Hujan Satlantas Pekanbaru Sibuk Mengatur Lalin Jalan Tergenang Banjir

RADARPEKANBARU.COM - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Pekanbaru meminta pemerintah setempat untuk mencari solusi mengatasi hal-hal yang menjadi sumber penyebab masalah banjir yang kerap menggenangi jalan utama ketika terjadi hujan.

"Kita mengirimkan surat kepada instansi terkait mengenai permintaan agar dapat mencari solusi dalam menangani masalah banjir ini," kata Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Budi Setiawan di Pekanbaru, Selasa.

Banjir tersebut, lanjutnya seperti yang terjadi pada 22 Februari lalu meliputi beberapa lokasi di Pekanbaru. Diantaranya di Jalan Sudirman beberapa lokasi yakni Depan Rumah Sakit Awal Bros, depan Ruang Terbuka Hijau Kaca Mayang, Simpang Jl. Hangtuah, dan depan Pasar Buah.

Selain itu di lokasi lainnya yakni Jl. Arifin Ahmad, Garuda Sakti KM 1 , Jl. Riau simpang Jl. Teratai, Jl. Ir. H. Juanda, dan Pasar Bawah Jl. Senapelan serta Jl. SM. Amin Tabek Gadang.

Berdasarkan pantauan Polisi Lantas banjir kebanyakan disebabkan saluran drainase yang tidak lancer atau tersumbat. Karena sampah serta terjadi pendangkalan pada hilir sungai sebagai tempat saluran akhir air.

"Juga terjadi penurunan kontur tanah dan badan jalan di beberapa titik banjir atau genangan air. Selain tingginya  curah hujan sehingga saluran air, parit, dan drainase yang ada tidak bisa menampung debit air hujan," ungkapnya.

Menurutnya ini juga akibat perilaku manusia dan masyarakat yang membuang sampah pada saluran drainase. Penyempitan hulu dan hilir sungai akibat pembangunan di pinggir sungai ataupun parit atau drainase.

"Masyarakat menutup habis drainase atau parit di depan rumah atau toko yang berakibat tersumbatnya saluran drainase," tambahnya.

Adapun   langkah-langkah   yang   bisa diambil   oleh   Sat   Lantas   Polresta   Pekanbaru   dalam penanganan banjir hanya bisa pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi. Kemudian melakukan rekayasa lalin atau pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan bermotor yang  melewati lokasi banjir.

Selanjutnya menolong pengendara baik roda dua ataupun roda empat yang kendaraannya mogok sewaktu melewati lokasi banjir. Juga mengimbau kepada pengguna jalan yang akan melewati lokasi banjir agar sementara mencari jalan alternatif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kendaraan mogok ataupun rusak, dan lain-lain.

"Kita juga sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan Forum LLAJ tentang penanganan masalah banjir di beberapa lokasi wilayah Pekanbaru," ulasnya. (*/ant)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »