Disdik Siak Nyatakan 1.601 Siswa SMP Siap Ikuti UNBK

Dibaca: 13405 kali  Sabtu,25 Februari 2017
Disdik Siak Nyatakan 1.601 Siswa SMP Siap Ikuti UNBK
Ket Foto : Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COM - Sebanyak 1.601 siswa sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di Kabupaten Siak, Provinsi Riau siap menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang rencananya digelar pada 2,3,4, dan 8 Mei 2017.

"Pelaksanaan UNBK setiap harinya akan dibagi menjadi tiga sesi. Selama empat hari, para siswa SMP akan mengikuti UNBK dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA," kata Kepala Bidang SMP Disdikbud Kabupaten Siak Zul Ikram di Siak, Sabtu.

Zul mengatakan, siswa-siswa yang mengikuti UNBK berasal dari 11 lembaga SMP negeri/swasta dengan rincian tiga SMP yang ujian secara mandiri karena memiliki fasilitas komputer dan sembilan lainnya bergabung atau menumpang dengan SMA/SMK.

"Ketiga SMP yang sudah mandiri itu adalah SMPN 1 Tualang, SMP Islamic Center, dan Madrasah Marsudi Riri, Tualang," sebutnya Zul.

Dia mengatakan, pihaknya terus meningkatkan peserta UNBK setiap tahunnya, dari sebelumnya yang hanya diikuti oleh tiga SMP, kini sembilan sekolah lainnya juga sudah bisa berpatisipasi dari total sebanyak 133 SMP negeri/swasta di kabupaten Siak.

"Meski baru 11 sekolah dari 133 sekolah yang bisa ikut melaksanakan UNBK, namun kami akan terus meningkatkan jumlah sekolah yang mengikuti ujian berbasis komputer setiap tahunnya, baik itu mandiri ataupun gabung dengan lembaga lain,* ungkap Zul.

Untuk menghadapi UNBK tersebut, lanjut dia, sejumlah persiapan sudah dilakukan pihak sekolah yakni salah satunya dengan menggelar uji coba atau "try out" pertama dan kedua, kemudian melakukan perbaikan perangkat dan sistem jaringan.

"Kami juga akan menyurati pihak PLN untuk mebambah kapasitas jaringan sebagai antisipasi pemadaman listrik, kami juga menyiapkan genset di sekolah yang menggelar UNBK," ujarnya.

Dia berharap sekolah yang menggelar UNBK di Kabupaten Siak bisa lebih banyak lagi ke depan karena memang sangat bagus, baik dari tingkat efisiensi anggaran, kejujuran dan mengikuti tuntutan kemajuan zaman.

Sementara 122 SMP negeri/swasta lainnya atau sebanyak 6.740 siswa akan mengikuti ujian Nasional secara tertulis. (ant)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »