Gubernur Riau Meresmikan Penggunaan Gedung Instalasi Kanker RSUD Arifin Achmad

Dibaca: 10564 kali  Sabtu,04 Februari 2017
Gubernur Riau Meresmikan Penggunaan Gedung Instalasi Kanker RSUD Arifin Achmad
Ket Foto : RSUD Arifin Achmad

RADARPEKANBARU.COM- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan penggunaan gedung kanker terpadu Seruni yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru, Sabtu pagi.
   
"Gedung ini belum bisa maksimal melayani masyarakat Riau yang terserang kanker, tetapi dengan adanya gedung baru ini semoga dapat membantu sebahagian masyarakat," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman usai meresmikan Gedung Kanker Terpadu Seruni RSUD Arifin Achmad Jalan Mustika Pekanbaru, Sabtu.
   
Andi menjelaskan walau masih banyak kekurangan, ia menaruhkan harapan maksimalnya pelayanan di pundak para petugas kesehatan di RSUD ini, khususnya para dokter spesialis kanker.
 
"Dengan kekurangan kita yang ada tentu secara pelan-pelan akan ditingkatkan pelayanan kesehatan di Riau," ucapnya.
   
Andi menilai masalah kesehatan saling berkejaran dengan bertambahnya jumlah penduduk Riau. Secara bergiliran kesehatan akan mencuat dan butuh penanganan peningkatan fasilitas.
   
"Hari ini masalah kanker yang kalau didata tiap tahun naik terus, tetapi kita berusahalah untuk menyiapkan sesuai kemampuan daerah saat ini," janjinya.
   
Menurut dia lagi pelayanan kesehatan lainnya seperti Rumah Sakit Jiwa, Jantung juga akan dipersiapkan, dengan demikian Riau sudah mampu memenuhi mandat undang-undang untuk porsi anggaran APBD bagi pelayanan kesehatan.
 
"Kita sudah bisa memenuhi porsi anggaran bagi kesehatan lebih dari 10 persen pada APBD," tegasnya.
   
Andi juga berpesan kepada dokter yang ada dengan keterbatasan untuk mengurangi komplain masyarakat dalam pelayanan.
   
"Saya minta RSUD kurangi berbagai komplain masyarakat. Tolong bapak ibu dokter mengurangi keluhan dalam pelayanan, saya sudah cerita kemana-mana bahwa Riau miliki fasilitas kanker dn akan ada juga khusus jantung," katanya berharap.
   
Disisi lain Direktur RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedy membenarkan pembangunan gedung kanken Seruni ini sudah dilakukan bertahap menggunakan APBD Riau, saat ini penyelesaian.
   
Dengan selesainya gedung ini RSUD sudah memiliki layanan yang fokus pada perawatan kanker saja. Karena penanganan ini butuh lama.
 
"Ada 16 divisi penyakit yang berkumpul disini fokus membicara kanker dari multi disiplin," kata dia.
   
Gedung dengan dua lantai ini kedepan akan melayani semua jenis kanker. Disini penanganan penyakit yang terkenal mematikan akan memakai moto "one stop services kanken" dengan artian RSUD akan melakukan penanganan kanker secara utuh mulai dari awal pencegahan hingga pengobatannya, pemulihan.
   
Penyembuhan kanker dimulai dengan diaknosis, jika ada kanker itu dilakukan pengobatan ada dengan cara operasi, kemoteraphi, radioteraphi, selanjutnya setelah itu akan dilakukan menjaga kondisi pacapengobatan disebut paliatif yakni untuk perawatan pasien kanker tahap akhir di rumah.
   
"Kebanyakan pengobatan kanker gagal saat proses penanganan paliatif atau pemulihan masyarakat enggan datang lagi untuk konsultasi, sehingga penyakit kembali kambuh," tegasnya.
   
Makanya untuk itu kedepan pihaknya sudah memiliki program pelayanan penanganan kanker ini akan tuntas dengan satu kali penaganan akan tuntas itulah yang diartikan "one stop services kanker".
     
"Saat ini RSUD sudah punya 31 dokter spesialis dimana enam diantaranya fokus pada kanker, dengan demikian kita sudah mumpuni melakukan layanan pengobatan kanker tersebut," ucapnya pula.
   
Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Mimi Yuliani Nazir dalam pidatonya menyampaikan bahwa peresmian gedung baru kanker ini merupakan rangkaian peringatan hari kanker sedunia yang akan diperingati 4-5 Februari bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkolaborasi dengan RSUD Arifin Achmad.
   
Mimi menyebutkan akan ada aneka kegiatan  selama dua hari.
   
"Kami akan berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad memberikan layanan tes "Pap Smear" gratis bagi 35 kaum perempuan di wilayah setempat," kata kata
   
Ia menambahkan dengan thema "Kita bisa, aku bisa" pihak Diskes berharap semua peduli pada pencegahan dini kanker.  

Adapun rangkaian acara lainnya yang digelar Sabtu,  peresmian Gedung Kanker Terpadu Seruni RSUD Arifin Achmad Jln Mustika Pekanbaru oleh Gubri. Penandatanganan Komitmen Pemprov mendukung masyarakat melawan kanker, pengembangan pelayanan kanker dan mengenalkan Riau Cancer Care Community (RC3).   "One stop service" untuk perawatan kanker. Penyerahan dua buah ambulance untuk kanker dari CSR Pertamina.  

Sementara Minggu, di Area Car Free Day Jalan Diponegoro dilakukan Gerakan Masyarakat untuk hidup sehat (Germas) ada senam zumba, penandatanganan komitmen peduli kanker bersama masyarakat, peluncuran budaya makan sayur dan buah bersama masyarakat, cek kesehatan gratis seperti gula darah, asam urat, tensi dan kolesterol,dan konseling gizi, mammografi dan pap smear gratis, seminar kanker serta lomba mewarnai oleh anak-anak penderita kanker. (ant)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »