Pusat Pembibitan Kuansing Terbengkalai

Dibaca: 9545 kali  Kamis,26 Januari 2017
Pusat Pembibitan Kuansing Terbengkalai
Ket Foto : Abirman S.Hut

RADARPEKANBARU.COM-Pusat pembibitan Kuantan Singingi (Kuansing) di Desa Teratak Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya terbengkalai. Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak 1 Januari 2017, seiring ditariknya kewenangan kehutanan oleh Provinsi Riau.

"Tak ada yang ngurus lagi, padahal pusat pembibitan Kuansing sudah permanen" ujar Koordinator KPHL Kuansing Selatan, Abriman, SHut kepada wartawan Kamis, 26 Januari 2017 di Taluk Kuantan.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kuansing menyebutkan, pusat pembibitan dengan luas satu hektare memiliki aset Rp2,5 miliar.

"Dulu, ketika pengelolaannya Dinas Kehutanan, ada petugas yang menjaga dan ada penyuluh yang kita tempatkan di situ. Karena tak ada anggaran lagi, makanya kosong" sebut Abriman.

Dikatakan Abriman, pusat pembibitan ini selalu menyediakan bibit untuk masyarakat Kuansing. Seperti bibit karet dan tanaman buah lainnya. Terakhir, jumlah ketersediaan bibit di sana mencapai 20 ribu pohon.

Karena tak ada yang mengurus, rencananya Abriman akan menyerahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kuansing.

"Begitu juga dengan hutan kota Pulau Bungin, nanti akan kita serahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kuansing" tutup Abriman. (grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »