Johar Firdaus Dituntut 6 Tahun Penjara, Lebih Berat Dari Suparman

Dibaca: 13083 kali  Kamis,26 Januari 2017
Johar Firdaus Dituntut 6 Tahun Penjara, Lebih Berat Dari Suparman
Ket Foto : Mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus dan Bupati Non Aktif Rokan Hulu Suparman

RADARPEKANBARU.COM-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menuntut Mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus enam tahun penjara. Sedangkan Bupati Rohul non aktif Suparman lebih ringan, yakni empat tahun enam bulan.

Tuntutan ini dibacakan langsung oleh JPU KPK dalam sidang yang digelar di ruang Cakra pengadilan negeri (PN) Pekanbaru Kamis, 26 Januari 2017.

 "Denda Rp200 juta dengan subisder selama tiga bulan" ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Johar dihukum lebih berat karena diduga menerima langsung uang untuk memuluskan pengesahan APBD 2014-2015. Sedangkan Suparman diduga sebagai 'perantara' antara anggota dewan dengan Gubernur Riau saat itu, Annas Ma'mun.

"Untuk terdakwa (Johar Fidaus), ada menerima sejumlah uang terkait dalam pembahasan (APBD), sedangkan terdakwa (Suparman) ini kita duga pihak yang mengakomodir (antara Annas Ma'mun dengan dewan)" tutur JPU KPK, Tri Anggoro.

Sidang lanjutan rencananya akan digelar Kamis (9/2/2017) nanti dengan agenda pembelaan (pledoi) dari kedua terdakwa.

"JPU tidak sama sekali mempertimbangkan saksi ahli kita, ini tuntutan yang sangat memberatkan untuk terdakwa" ungkap kuasa hukum Suparman, Eva Nora.

"Dalam Pledoi (pembelaan) nanti, kami akan mengeluarkan semua fakta yang terjadi saat ini bahwa tidak ada satu pun yang memberatkan dari diri terdakwa (Suparman, red)" tegasnya. (*)

Editor : Herikson

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »