Pemkab Siak Segera Salurkan 26 Sampan Baru Untuk Nelayan Setempat

Dibaca: 26995 kali  Minggu,15 Januari 2017
Pemkab Siak Segera Salurkan 26 Sampan Baru Untuk Nelayan Setempat
Ket Foto : Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak mengatakan bahwa nelayan di wilayah setempat akan segera memiliki sampan motor atau pompong dan peralatan menangkap ikan yang diperuntukkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,34 miliar.

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak mengatakan bahwa nelayan di wilayah setempat akan segera memiliki sampan motor atau pompong dan peralatan menangkap ikan yang diperuntukkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,34 miliar.

"Pada tahun ini DAK untuk dinas peternakan dan Perikanan Siak akan kita peruntukkan untuk membeli 26 kapal atau sampan motor berukuran 1 gross ton (GT) serta peralatan menangkap ikan seperti jaring keramba, dan bibit pakan untuk nelayan," kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, Yulfan di Siak, Sabtu.

Dia mengatakan, bantuan sampan motor dan peralatan menangkap ikan tersebut nantinya diberikan langsung pada koperasi yang sudah dibentuk pada tahun 2016 lalu, bukan perseorangan atau Kelompok Usaha Bersama (KUB).  Dia sampaikan, dalam rencananya sampan motor tersebut akan direalisasikan pada Maret atau pertengahan tahun 2017.

"Bantuan kapal akan kita serahkan langsung pada koperasi nelayan yang sudah dibentuk pada tahun lalu. Saat ini sudah terbentuk empat koperasi nelayan di kabupaten Siak, tiga diantaranya di kecamatan Sungai Apit dan satu Sabak Auh. Kecamatan Siak juga tengah di menunggu nomenklatur atau SK nya dari dinas Perikanan dan Kelautan provinsi Riau," sebutnya.

Dia menambahkan, satu koperasi terdiri dari beberapa KUB atau 25 hingga 30 nelayan. Kecamatan-kecamatan terus didorong untuk segera memuat koperasi nelayan tersebut, agar bisa memperoleh bantuan baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. Sebab, beberapa hibah itu akan disalurkan lewat koperasi.

"Kapal bantuan tersebut nantinya akan dikelola oleh koperasi agar bantuan itu bisa dirasakan langsung oleh nelayan," ucapnya.

Sementara itu hingga saat ini total kapal yang sudah disalurkan pada nelayan kabupaten Siak ada sebanyak 512 unit perahu bermotor dan 358 unit perahu tanpa motor.

Ia katakan, bantuan pompong dan alat tangkap ikan itu dengan tujuan untuk mempermudah nelayan dalam mata pencahariannya, serta akan meningkatkan produktivitas yang berujung dengan peningkatan pendapatan.

"Pemerintah akan terus menciptakan program-program bantuan langsung yang mengena pada nelayan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan nelayan itu sendiri. Dinas Peternakan dan Perikanan Siak akan terus mengusulkan bentuk bantuan baik dari APBN, APBD ataupun DAK," paparnya. (*)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »