Jabatan Komisioner KPID Riau Diperpanjang Tiga Bulan Kedepan

Dibaca: 23887 kali  Jumat,23 Desember 2016
Jabatan Komisioner KPID Riau Diperpanjang Tiga Bulan Kedepan
Ket Foto : Ketua KPID Riau

RADARPEKANBARU.COM- Masa jabatan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Riau periode sebelumnya akan diperpanjang hingga tiga bulan ke depan, jika seleksi yang kini dalam tahapan uji kelayakan dan kepatutan tidak selesai pada Desember ini.

Ketua Panitia Seleksi KPID Riau, Suhardiman Amby, di Pekanbaru, Jumat mengatakan hingga kini nama-nama calon Komisioner KPID Riau, masih berada di tangan Pimpinan DPRD. Meski begitu menurutnya proses tersebut sebenarnya tidak memakan waktu yang lama.

"Sebenarnya sebentar ini. Keluar hasilnya hari ini (23/12), kita perkirakan Senin (26/12), pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan. Kalau tidak turun, ya diperpanjang tiga bulan jika pimpinan dewan tak kunjung menyerahkan hasil penelaahannya hingga akhir Desember ini," kata Suhardiman yang juga merupakan Sekretaris Komisi A DPRD Riau.

Dia menjelaskan bahwa nama calon Komisioner KPID Riau sudah masuk ke Komisi A DPRD, lalu sudah diserahkan ke pimpinan. Berkemungkinan ada penelaahan yang merupakan kewenangan pimpinan sehingga Komisi A DPRD Riau hanya menunggu.

"Sesuai mekanismenya, Pimpinan Dewan akan melakukan penelaahan terkait nama-nama yang disodorkan. Selanjutnya, menyerahkan kembali ke Komisi A DPRD Riau untuk segera dilakukan uji kelayakan dan kepatutan, dan proses pemilihan," tambahnya.

"Dapat nama, kemudian direkomendasikan ke Gubernur. Baru keluar Surat Keputusan," lanjutnya.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Komisi A DPRD Riau Hazmi Setiadi  menerima nama-nama hasil kerja pansel KPID sebanyak 21 orang telah lulus dari seleksi awal dari lebih kurang 60 orang peserta. Untuk tahap selanjutnya, kata dia, akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi A DPRD Riau secepatnya terhadap 21 nama untuk menjadi 14 nama.

Adapun 21 nama itu sesuai ranking adalah Ahmad Rodhi, Ahmad Royhan Qodri, Asril Darma, Bastian, Falzan Surahman, Hisam Setiawan, Junaidi, Khabib, Khery Sudeska, Asrar Rais, Marsanul, Misbah Ibrahim, Musfialdy, Nopri Naldi, Novita, Roni Pasla, Suburman, Warsito, Widde Munadir Rosa, Yandri Rahman Sauqi, dan Yurnalis.

"Pada bulan Desember tujuh nama calon komisioner sudah ada, dan tujuh lagi akan menjadi cadangan atau pergantian antar waktu," jelasnya. (ant)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »