Puluhan Handphone dan Barang Gratifikasi Sitaan KPK Dilelang Pada Peringatan HAKI Riau

Dibaca: 16129 kali  Jumat,09 Desember 2016
Puluhan Handphone dan Barang Gratifikasi Sitaan KPK Dilelang Pada Peringatan HAKI Riau
Ket Foto : Lelang Barang Sitaan KPK

RADARPEKANBARU.COM - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) telah membuka pendaftaran lelang bagi 90 jenis Barang Milik Negara yang berasal dari gratifikasi sitaan KPK pada peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) di Provinsi Riau.

"Kementerian Keuangan c.q  Direktorat Jenderal Kekayaan Negara akan lelang barang milik negara yang berasal dari barang gratifikasi dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pekanbaru," demikian kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Indra Surya lewat surat elektronik yang diterima antara di Pekanbaru, Jumat.

Berdasarkan surat pengumuman lelang nomor : peng - 9/KN/2016 diterangkan jadwal lelang dilakukan 9 Desember 2016 pukul 10.00 WIB - 14.00 WIB lewat situs resmi https//www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id, alamat komplek Gubernuran Riau Jalan Diponegoro nomor 460, Pekanbaru.    

Adapun ketentuan dan persyaratan lelang untuk 20 jenis barang lelang pertama diatur dengan tujuh ketentuan.

Sementara untuk 70 jenis barang lainnya diatur tersendiri dengan waktu pelelangan Jumat pukul 14.00 WIB ditempat yang sama.

"Penawaran dilaksanakan dengan secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet dengan aplikasi yang diskses pada alamat domain https//www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id, dari data barang yang dilelang pada HAKI Riau terdapat harga minimal satu unit topi dinilai Rp50.000.

Selain itu aneka barang sitaan juga cukup bervariasi ada kain ulos tenun, bahkan ada sprei tempat tidur. Terbanyak itu jenis barang elektronik berupa hp. Ada juga pisau cukur kumis elektrik.

Lebih menarik lagi cukup banyak barang sitaan berupa perhiasan bertahta berlian. Nilainya rata-rata puluhan hingga ratusan juta.

Tetapi ada yang fantastis sebuah cincin dan berlian bersertifikat Adamas Geomological Laboratory of Indonesia no.CS 21608NTLL dan D-21608NERH tanggal 31 Agustus 2016 jumlah satu unit dengan nilai limit lelang Rp2.272.500.000.   

Ditempat berbeda Ketua KPK RI Agus Rahardjo di Pekanbaru menambahkan lelang barang rampasan yang sudah inkra di Pengadilan terbuka untuk umum.

"Mengenai harga silahkan tanya kepada panitianya, untuk cara terbuka kita semua bisa ikut lelang itu," katanya singkat.

Sekedar informasi Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Internasional (HAKI) yang jatuh setiap 9 Desember. Rangkaian kegiatan bertema "Bersih Hati, Tegak Integritas, Kerja Profesional untuk Indonesia Tangguh" ini digelar mulai Jumat-Minggu (2-18/12) dan puncaknya pada Kamis-Jumat (8-9/12).

Acara pembukaan yang dipusatkan di Kompleks Kediaman Gubernur Riau/Gedung Daerah dan Kantor Gubernur dihadiri oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman beserta jajaran Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau dan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai.

Ada pula Integrity Expo yang berlangsung pada 8-10 Desember, dengan menampilkan program pembangunan budaya integritas dan layanan unggulan kepada masyarakat umum di instansi masing-masing.

Selain itu, ada 10 pasang calon kepala daerah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar yang akan mengikuti Pilkada 2017 di Wilayah Provinsi Riau akan mendeklarasikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 8 Desember setelah rangkaian pembukaan HAKI 2016 di Kompleks Kediaman Gubernur Riau/Gedung Daerah.

Pameran Pembangunan Budaya Integritas juga ditampilkan dalam wujud seni yakni dengan menggelar Festival Budaya Nusantara yang digelar pada 8-10 Desember, serta Atraksi Budaya dan Deklarasi Pemuda Dunia Melawan Korupsi yang digelar pada 9 Desember. Di sini akan ditampilkan seni dan budaya bertema integritas yang melibatkan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

KPK juga akan memberikan apresiasi atas segala capaian atau prestasi seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pembangunan budaya integritas di Indonesia. Kegiatan Gratifikasi dan LHKPN Award akan digelar pada 9 Desember.(*)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »