Gubri Harapkan Dukungan Semua Pihak Dalam Menyukseskan Pilkada Di Riau

Dibaca: 13927 kali  Senin,28 November 2016
Gubri Harapkan Dukungan Semua Pihak Dalam Menyukseskan Pilkada Di Riau
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

RADARPEKANBARU.COM- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meminta semua pihak di wilayah setempat mulai dari Forkopimda hingga masyarakat untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017 kondusif di dua daerah Kampar dan Pekanbaru.

"2017 akan ada pilkada serentak di dua wilayah Pekanbaru dan Kampar, hingga saat ini tahapannya lancar aman," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru pada acara rapat koordinasi Gubernur Riau dan instansi vertikal Forkopimda bersama bupati/walikota se- Riau di Pekanbaru, Senin (28/11).

Andi menjelaskan dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2017 yang kondusif tersebut ada beberapa hal yang perlu disikapi semua pihak.     

Pertama Ia meminta Komisi Pemilihan Umum untuk menyelesaikan pemutahiran daftar pemilih sementara (DPS).

Selain itu Andi meminta KPU untuk meningkatkan jumlah partisipan dalam Pilkada nanti dengan melakukan sosialisasi gencar ke masyarakat.

"Tingkatkan target partisipasi Pilkada, bagi Panwaslu minimalisir pelanggaran," tegas dia.

Selanjutnya ia juga mengimbau semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan agar bersepakat menjunjung Pilkada damai,
mempertahankan kondisi kondusif dengan sosialisasi.

"Pasangan calon juga diminta dapat menjaga kondusifitas Pilkada hingga pelaksanaannya," kata Andi lagi.

Disisi lain Kapolda Riau, Brigjen Pol Zulkarnain Adinegara menjelaskan persiapan Pilkada serentak 2017 sejauh ini lancar, pihaknya sudah menggelar apel bersama.

"Kepolisian sudah siap, kami sudah lakukan operasi tanggap Siak 2017," kata Brigjen Pol Zulkarnain Adinegara kepada antara.

Zulkarnain Adinegara menjelaskan pihaknya sudah melakukan latihan, koordinasi, pengamanan kepada bakal calon yang sudah diumumkan oleh KPU, juga kantornya.

Artinya kami sudah siap, sudah melakukan pelatihan, dan monitoring jadwal sekarang yang sedang masa kampanye.

Berbicara pengamanan Pilkada ia menambahkan jumlahnya 2/3 dari kekuatan Polres Kampar dan Pekanbaru.

"Ada sekitar 2.500 an polisi dan dari BKO kurang lebih 450," terangnya lagi.

Sekedar informasi Pilkada Riau Februari 2017 akan lakukan dua kabupaten/kota, Kampar dan Pekanbaru.

Untuk Pekanbaru diikuti lima pasangan calon yakni Syahril-Said Zohrin, Herman Nazar-Defi Warman, Firdaus-Ayat Cahyadi, Ramli Walid-Irvan Herman, dan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah.

Kampar diikuti lima pasangan adalah adalah Aziz Zainal dan Catur Sugeng yang diusung Nasional Demokrat, Gerakan Indonesia Raya, Golongan Karya, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Kedua yakni M Amin dan M Saleh diusung Partai Demkrat dan Hanura serta,  ketiga Zulher dan Dasril Affandi yang dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Amanat Nasional. Sementara dua pasang dari jalur perseorangan yakni Jawahir- Bardansyah dan Rahmat Jefary Juniardo-Khairuddi Siregar.(*)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »