Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar, Diskanlut Rohil Bangun Dua BBI

Dibaca: 18387 kali  Minggu,27 November 2016
Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar, Diskanlut Rohil Bangun Dua BBI
Ket Foto : Tiang bubu ikan yang terpancang di perairan Rohil.

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Perikanan dan Kelautan Rokan Hilir, Provinsi Riau terus berupaya mengembangkan program perikanan khususnya bidang pembenihan atau budidaya ikan air tawar.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Rohil, M Amin di Bagansiapiapi, Minggu, mengatakan Balai Benih Ikan (BBI) sebelumnya sudah dibangun dan dikelola di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih.

"Tahun ini kembali dibangun dua BBI lagi, yakni di Kecamatan Rantau Kopar dan Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas," sebut Amin.

Ia mengatakan, dibangunnya BBI tersebut dalam rangka memenuhi ketersediaan bibit ikan di Kabupaten Rokan Hilir.

"Minimal harus ada tiga balai benihnya, baru bisa memenuhi kebutuhan yang ada," tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk cikal bakal BBI di Kecamatan Rantau Kopar saat ini sudah mulai dilakukan pembenihan di kolam yang berukuran 25x50 meter. Namun tahap awal ini hanya melakukan pembenihan bibit ikan lele.

"Sudah dua kali di sini dilakukan proses perkawinan suntik. Jadi kita mulai dari ikan lele yang paling mudah dulu," katanya lagi.

Sementara itu, untuk cikal bakal BBI di Kecamatan Pasir Limau Kapas rencananya Diskanlut Rohil akan melakukan pembenihan jenis ikan air laut.

"Lahan yang disiapkan di Teluk Pulai ini seluas 20 hektare nantinya akan mengunggulkan ikan kakap putih. Selain itu juga akan dibarengi pembenihan ikan lainnya. Untuk sekarang kita belum fokus pembenihan di situ, karena tempat tersebut baru kita manfaatkan untuk pembesaran ikan saja," ucap Amin. (ant)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »