Pertagas Lakukan Evaluasi Dari Realisasi Gas Kota Pekanbaru

Dibaca: 10843 kali  Rabu,23 November 2016
Pertagas Lakukan Evaluasi Dari Realisasi Gas Kota Pekanbaru
Ket Foto : Logo Pertagas

RADARPEKANBARU.COM - Pascapeluncuran gas kota bagi rumah tangga di Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru oleh PT Pertagas Niaga pada tanggal 13 Oktober lalu, kini dilakukan evaluasi dan sosialisasi.

"Tadi itu proses sosialisasi sekaligus evaluasi dari PT Pertagas Niaga kepada masyarakat terkait keluhan sejak pemasangan gas kota," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut, Rabu (23/11)

Ingot Achmad menjelaskan dari perjumpaan tadi diperoleh beberapa keluhan masyarakat di Kecamatan Limapuluh terhadap program gas kota.

Keluhan ini sebut Ingot menyangkut teknis, serta tidak merupakan kendala besar.

Pertama terang Ingot, ada tiga rumah warga yang mengeluhkan jaringan pipa gasnya dari meteran ke kompor diindikasikan bocor serta tersumbat.

"Dari pengecekan terbukti, maka dilakukan penutupan dulu hingga perbaikan yang bocor," terang Ingot.  

Kemudian keluhan warga terkait sistem pembayaran, kalau bayar sendiri-sendiri akan merepotkan. Maka sambung dia sudah disepakti nantinya PT Energi Madani selaku BUMD akan bekerjasama dengan Bank BNI memanfaatkan jasa Lembaga Keuangan Masyarakat masing-masing tempat.

Keluhan ketiga ada ketidak puasan masyarakat terhadap kinerja kontraktor pelaksana galian pipa.

Dimana bekas penggalian untuk jalan dan gang kecil tidak ditutup rapi sehingga merusak jalan. Walau diakuinya untuk sebahagian jalan besar sudah tuntas dan bagus.

"Hari ini memang bekas galian di jalan besar sudah ditutup rapi, tetapi tidak dijalan dan gang kecil bahkan ada yang tidak ditimbun sama sekali," terang dia lebih jauh.

Jadi sebut Ingot Pemko sudah menyampaikan agar pihak yang memiliki kegiatan menindak lanjuti ini kepada kontraktornya.

"Kami minta sesuai aturanlah agar yang belum di timbun rapi di baguskan, sehingga pembangunan gas ini tidak menimbulkan masalah baru merusak jalan dan fasilitas," katanya mengakhiri.

Sebelumnya diberitakan PT Pertagas Niaga selaku pemenang tender pembagunan jaringan gas kota di Pekanbaru, meluncurkan penggunaan ke rumah tangga yang berada di Kecamatan Limapuluh 13 Oktober 2016.

"Saat ini sektor I di Kecamatan Limapuluh sudah selesai kami uji coba jaringan pipanya dan siap dialiri gas," kata Manager City Gas PT Pertagas Niaga Virani Yusita Sari saat dikonfirmasi antara lewat telepon seluler, Selasa.

Pihaknya tahap awal membuka satu sektor dulu dimana terdapat 200-300 rumah tangga.

Seiring waktu sambung dia, sisa 10 sektor lagi akan dialiri hingga tuntas selesai prosesnya sebelum akhir tahun.

PT Pertagas Niaga Juli 2016 telah selesai membangun sebanyak 3.713 sambungan pipa gas kota di Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.

Pembangunan jaringan pipa gas kota dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 dengan besar anggarannya Rp70 miliar.(*)


 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »