Pesta Budaya Festival Maawuo di Danau Bokuok Desa Aur Sati Kecamatan Tambang

Dibaca: 15485 kali  Senin,14 November 2016
Pesta Budaya Festival Maawuo di Danau Bokuok Desa Aur Sati Kecamatan Tambang
Ket Foto : Pesta Budaya Festival Maawuo di Danau Bokuok Desa Aur Sati Kecamatan Tambang dibuka langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Minggu (13/11/2016).

RADARPEKANBAR.COM - Pesta Budaya Festival Maawuo di Danau Bokuok Desa Aur Sati Kecamatan Tambang dibuka langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Minggu (13/11/2016). Gubri bahkan sempat ikut naik perahu berkeliling danau dan menyapa warga yang hadir.

Gubri didampingi Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri. Tokoh setempat yang juga Ketua DPW PPP Riau Azis Zaenal juga ikut satu perahu dengan Gubri.

Andi Rachman, sapaan akrab Gubri, dalam sambutannya mengaku kaget dengan warga yang tumpah ruah. Menurut dia, antusiasme warga merupakan modal dasar dalam mengembangkan potensi wisata tersebut.

Ketua DPD I Partai Golkar Riau ini mengatakan, salah satu potensi wisata yang belum tergali secara maksimal di Kampar adalah Pesta Budaya Maawuo. "Ini belum terkelola dengan baik. Belum serius diangkat sampai ke tingkat provinsi," ujarnya.

Andi optimis agenda tahunan ini tidak akan kalah dengan yang lain di Riau, bahkan Indonesia. Asalkan dikemas dengan baik dan dipromosikan. Ia yakin, semua pihak akan ikut mendukung jika agenda tersebut dikembangkan menjadi objek wisata.

Ia mengklaim, Pemprov Riau telah mengawali bentuk dukungannya terhadap agenda tersebut dengan membangun Balai Adat di kawasan Danau Bokuok. Tak sampai di situ, kata dia, Pemprov juga berencana menganggarkan dana penataan lingkungan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Festival Maawuo, Nazaruddin Chaniago mengaku, kegiatan tersebut terselenggara atas dukungan Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata. "Alhamdulillah, acara ini dapat 1 miliar dari Pemprov Riau," katanya.

Nazaruddin memaparkan, pesta budaya ini sudah berlangsung sejak 6 Nopember lalu dan akan berakhir pada 16 Nopember nanti. Diawali dengan kegiatan Festival Kesenian Daerah antar kecamatan se-Kampar, 6-10 Nopember. Pada waktu bersamaan, digelar pertandingan Bola Voli antar klub se-Kampar dan Pekanbaru.

"Dari 11-16 Nopember ada lomba Pacu Dayung Sampan antar kecamatan se-Kampar," ujar Nazaruddin. (*)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »