Temuan Komisi A DPRD Riau, Pungli Hingga Kematian Janggal Tahanan di Rutan Sialang Bungkuk Riau

Dibaca: 20197 kali  Jumat,21 Oktober 2016
Temuan Komisi A DPRD Riau, Pungli Hingga Kematian Janggal Tahanan di Rutan Sialang Bungkuk Riau
Ket Foto : Sekretaris Komisi A DPRD Riau, Suhardiman Ambi

RADARPEKANBARU.COM- Masalah pungutan liar masih kerap terjadi d Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Riau.

HAL itu diketahui dari hasil ke­gia­tan sidak yang dilakukan Komisi A DPRD Riau terhadap  Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, Riau, (17/10) pagi.

Sekretaris Komisi A DPRD Riau, Suhardiman Ambi mengatakan, Lapas memang tempat yang sangat ris­kan bagi terjadinya pelanggaran, terutama pungutann liar (pungli). Janji-janji manis penyelenggara negara melakukan reformasi birokrasi dan meningkatkan pelayanan publik masih sekedar isapan jempol belaka.

Birokrasi yang yang semestinya mempermudah pelayanan publik ternyata malah membebani masyarakat. “Hasil penelusuran Komisi A masih ditemukan adanya pungli yang dilakukan petugas rutan terhadap pengunjung,” katanya kepada Radar Pekanbaru.

Dalam kegiatan kunjungan itu menurut Suhardiman Komisi A menggolongkan temuannya menjadi tiga poin utama, yaitu sarana dan prasarana pelayanan publik, petugas pelayanan publik, dan temuan khusus.

Menurutnya, DPRD Riau mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk satuan tugas sapu bersih pungli (Satgas Saber Pungli) untuk memberantas praktik pungli dalam seluruh pelayanan publik di Indonesia. Satgas ini diharapkan dapat turun ke  Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, Riau secepatnya.

Karena kenyataannya pungli masih tetap terjadi. “Reformasi dan pemberantasan pungli agar dapat berjalan dan diterapkan. Masih banyak masyarakat yang mengeluarkan uang untuk menjenguk kerabatnya di dalam sel,” ungkapnya.

Terhadap hasil temuannya itu, Komisi A akan segera melakukan rapat koordinasi dengan petinggi Kemenkumham , agar dapat memeriksa Petugas Rutan dan Kepala Keamanan Rutan.

Selain pungli juga menemukan masalah pengelolaan Lapas, pelanggaran HAM dan Kasus Kematian Janggal napi atas nama Tomy Sitompul.

Masalah over kapasitas peng­huni Lapas di temukan di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, Riau.

(Bersambung)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »