Tahukah Anda, Ternyata Peserta BPJS Kesehatan Kelurahan Labuh Baru Barat Menunggak Rp126 Juta

Dibaca: 11848 kali  Sabtu,15 Oktober 2016
Tahukah Anda, Ternyata Peserta BPJS Kesehatan Kelurahan Labuh Baru Barat Menunggak Rp126 Juta
Ket Foto : BPJS Kesehatan

RADARPEKANBARU.COM - Sebanyak 954 jiwa peserta mandiri BPJS Kesehatan di Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, menunggak premi sebesar Rp126.827.000.

"Tunggakan ini muncul antara lain akibat peserta belum taat dan menyadari pentingnya rutin membayar premi untuk perbaikan kualitas pelayanan kesehatan dan keberlangsungan program JKN-KIS BPJS Kesehatan tersebut,"kata Kepala Unit Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Pekanbaru, Erwin Fadillah di Pekanbaru, Jumat (14/10).

Ia mengatakan itu di sela acara sosialisasi tata cara pembayaran iuran BPJS kesehatan bagi peserta dan masyarakat di kantor Lurah Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, diikuti 60 peserta  berasal dari Ketua  RT, RW dan masyarakat Kelurahan Labuh Baru Barat.

Acara sosialisi dibuka Sekretaris Lurah Labuh Baru Barat Agus Sutiartono, dihadiri Camat Payung Sekaki Zarman Chandra, Babhinkantibmas Polsek Payung Sekaki Alips S. Tiyono, sejumlah anggota Forum BPJS Kesehatan yang berasal dari wartawan media cetak, elektronik dan web on line (portal) di daerah itu.

Menurut Erwin, persoalan tunggakan terkait dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, yang tentunya harus didukung oleh kualitas iuran maksimal yang diterima.

Seandainya semua peserta taat membayar iuran, katanya lagi, maka kualitas pelayanan BPJS Kesehatan tentunya akan semakin membaik didapatkan oleh masyarakat.

"Oleh karena itu mari secara bersama-sama dan bergotong royong untuk mendukung program pemerintah ini dengan taat membayar iuran, selanjutnya tentunya diharapkan pula masyarakat bersama-sama bisa mengawal pemanfaatan iuran ini untuk sebesar-besarnya bagi kepentingan perbaikan kualitas pelayanan kesehatan dan keberlangsungan program JKN-KIS BPJS Kesehatan,"katanya.

Jika BPJS Kesehatan berjalan dengan baik, diyakini akan tercipta masyarakat yang sehat dan sejahtera menuju kemajuan bangsa Indonesia.

Sementara itu untuk menekan jumlah tunggakan yang terus membesar itu, manajemen Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru, terus menggiatkan kunjungan ke tiap kelurahan. Kelurahan Labuh Baru Barat merupakan kunjungan kelima dari sejumlah kelurahan yang tercatat memiliki tunggakan cukup besar. Kini tinggal 14 kelurahan lagi yang dilakukan roadshow guna menggugah masyarakat agar taat membayar iuran.

Sosialiasi yang dirangkaikan dengan diskusi tersebut, mengapungkan sejumlah keluhan warga Kelurahan Labuh Baru Barat antara lain terkait masih belum berkualitasnya pelayanan kesehatan, minimnya informasi tentang perubahan tarif premi, lambatnya pelayanan akibat peralatan rumah sakit yang rusak.

Selain itu, masyarakat juga meminta manajemen rumah sakit agar transparan menginformasikan ketersediaan dokter, obat-obatan, jumlah dan jenis penyakit yang bisa ditangani pada rumah sakit terkait.

Pada kesempatan itu, Erwin meminta masyarakar agar bisa menghubungi nomor 0823 8468 2016 untuk hot line pengaduan unit keuangan iuran BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekanbaru dan pengaduan umum pusat pada nomor 1500 400. (ant)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »