Panen Raya di Rohil , Alexander : Sintong Pusako Kita Persiapkan Menjadi Central Penghasil Jagung

Dibaca: 6246 kali  Jumat,14 Oktober 2016
Panen Raya di Rohil , Alexander : Sintong Pusako Kita Persiapkan Menjadi Central Penghasil Jagung
Ket Foto : Kegiatan Penen Raya Jagung program Upsus Pajale (Padi Jagung Kedelai) ini turut dihadiri oleh Komandan Kodim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo

RADARPEKANBARU.COM- UPTD Distannak Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir , Provinsi Riau melakukan kegiatan Panen Raya tanaman jagung bersama Kelompok Tani Harapan Maju binaan program Upsus Pajale ,di Kepenghuluan Sintong Pusako Kamis (13/10/2016).

Kegiatan Penen Raya Jagung program Upsus Pajale (Padi Jagung Kedelai) ini turut dihadiri oleh Komandan Kodim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo ,Kadistannak Rohil Ir.Muslim, Kepala UPTD Distannak Tanah Putih Alexander,SP, Camat Tanah Putih Suryadi,SE,  serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Menurut Kepala UPTD Distannak Tanah Putih Alexander,SP, bahwa Program Upsus dilaksanakan serentak di beberapa provinsi di Indonesia, melaui APBNP 2016 ini Provinsi Riau dijatahkan 6000 Ha  terbagi untuk Kabupaten Kota, salah satunya kegitan dilaksanakan di Rokan Hilir.

UPTD Distannak Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir sangat bertekad untuk mensukseskan  kegiatan Upsus pajale, segala strategi dan upaya dilakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas di daerah-daerah sentra produksi pangan. Operasioanalisasi pencapaian target di lapangan benar-benar dilaksanakan secara maksimal untuk mensukseskan program yaitu dengan melakukan pendmpingan dilapangan, termasuk mendukung persiapan, panen dan pasca panen termasuk kepastian pemasarannya.

"Kusus Kelompok Tani Harapan Maju yang diketuai oleh Jumiran hasil panen jagung ini dipasarkan untuk untuk pakan ternak," kata Alexander,SP.

Alexander,SP mengatakan Pendampingan/pengawalan Upsus merupakan faktor penting dalam pencapaian target produksi yaitu dengan mengerahkan sumber daya yang tersedia .

"Suksesnya panen raya di lahan 15 Ha milik Kelompok Tani Harapan Maju sebagai kelompok binaan , merupkan percontohan bahwa di Kecamatan Tanah Putih sangat berpotensi di kembangkan tanaman jagung" tutur Alex.

Sehingga kedepannya Desa/Kepenghuluan Sintong Pusaka sangat berpeluang menjadi central/kawasan penghasil Jagung , "Berharap kedepannya lahan jagung program Upsus Pajale ini bisa semakin luas sampai seratus hektar, target kita kedepannya akan menjadikan Sintong Pusaka sebagai central kawasan tanaman Jagung di Rokan Hilir" jelas Alex yang rupakan alumni sarjana pertanian UIR ini.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pak Dandim dan Kadisstannak serta camat Tanah Putih yang sudah memenuhi undangan kami dan mau langsung turun kelapangan untuk ikut serta melakukan panen raya jagung" kata Alex menggakhiri.

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo , menuturkan bahwa kehadirannya di acara panen raya di Kepenghuluan Sintong Pusako merupakan sebagai bentuk dukungan TNI dalam mensukseskan program Upsus Pajale.

Dandim siap mendamping para petani dilapangan dalam mengembangan program Upsus Pajale 2016 , terutama dengan menerjunkan Babinsa setempat.

"Melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani di daerah agar program swasembada pangan ini dapat terwujud pada tahun 2017." kata Letkol Arh Bambang Sukisworo. (rls)

 
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »