Dumai Akan Miliki Politeknik Perikanan, Kabupaten Lain Di Riau Apa Kabar?

Dibaca: 10009 kali  Kamis,29 September 2016
Dumai Akan Miliki Politeknik Perikanan, Kabupaten Lain Di Riau Apa Kabar?
Ket Foto : Ikan Tangkapan Nelayan (Ilustrasi)

RADARPEKANBARU.COM - Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Dumai Syafrizal mendukung wacana menjadikan kotanya sebagai tempat Politeknik Perikanan Riau.

Politeknik perikanan layak didirikan di Dumai dan diarahkan untuk mengembangkan tenaga terampil sektor budi daya ikan air payau dan air tawar, serta ikan tangkap, kata Syafrizal usai mendampingi kunjungan kerja Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Kelautan Perikanan Rifki Hardiyanto ke Dumai, Rabu.

Potensi kelautan Dumai lain adalah pelabuhan barang dan penumpang lokal maupun internasional.

Di samping itu, ada juga  gedung Terminal Agro Bisnis di Kelurahan Purnama dan Balai Latihan Kerja di Kelurahan Bukit Timah yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Riau dan Terminal Pendaratan Ikan.

"Fasilitas dan potensi yang ada bisa dimanfaatkan untuk pengembangan sektor perikanan dan kelautan ini untuk membentuk manusia terampil dan sumber pemasukan keuangan baru daerah," kata dia lagi.

Dia berharap kunker pejabat KKP RI memberikan nilai positif bagi Dumai dan menetapkan daerah pesisir ini sebagai lokasi wacana pendirian Politeknik Perikanan Riau.

Sementara, Kaban Pengembangan SDM KKP Rifki Hardiyanto menyebutkan, kunker di Kota Dumai dilakukan dalam rangka untuk melihat langsung potensi perikanan karena daerah ini salah satu wilayah pesisir yang luas di Pantai Timur Sumatera.

Kunker pejabat KKP ini didampingi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan meninjau potensi perikanan di dua lokasi, yaitu Terminal Agro Bisnis dan Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, aset pendukung potensi kelautan dan perikanan yang sudah dibangun dengan APBD Pemprov Riau ini harus dikembangkan agar dapat mendatangkan pendapatan asli daerah.

"Dumai memiliki potensi kelautan dan perikanan serta ada laboratorium yang bisa dikembangkan dan difungsikan, namun harus ada inovasi yang bisa bermanfaat dan menjadi sumber pendapatan," ungkapnya.

Setelah mengunjungi dua fasilitas perikanan di Dumai, rombongan Pejabat KKP bersama Gubernur Riau melanjutkan peninjauan ke Kota Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir. (ant)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »