Berpotensi Banjir

Curah Hujan Tinggi Masih Selimuti Riau

Dibaca: 24069 kali  Senin,13 Januari 2014
Curah Hujan Tinggi Masih Selimuti Riau
Ket Foto : Ilustrasi
Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memprakirakan hujan dengan intensitas sedang-lebat masih akan terjadi di semua wilayah Provinsi Riau. Bahkan, dengan kategori curah hujan yang tinggi tersebut, peluang terjadinya banjir dan tanah longsor juga dapat terjadi.

"Curah hujan masih tinggi hampir di semua Riau, mulai dari Pekanbaru, Kampar, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. BMKG memprediksikan curah hujan baru menurun di bulan Februari mendatang,"ujar Analisis BMKG Pekanbaru, Ardhitama ketika konfirmasi wartawan, Senin (13/1/2014).

Menurutnya, curah hujan yang tinggi tersebut tidak hanya terjadi di Riau saja, melainkan hampir di semua wilayah Indonesia. Keadaan itupun sangat berpotensi menyebabkan banjir kategori rendah hingga menengah di beberapa daerah. Kategori banjir rendah, sambungnya, berpeluang terjadi di sebagian Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu bagian timur. Sedangkan banjir menengah rawan terjadi di Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Pekanbaru, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu bagian barat dan Pelalawan.

"Hanya saja tingginya curah hujan di bulan Januari ini tidak setinggi di bulan November dan Desember 2013 lalu,"katanya.

Sementara itu, selain berpotensi banjir, Ardhi mengungkapkan curah hujan yang tinggi juga tetap berpotensi menyebabkan terjadinya longsor, terutama di daerah-daerah perbukitan. Untuk itu, BMKG pun tetap mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai tingginya curah hujan, potensi banjir kriteria menengah serta waspada longsor yang rawan terjadi di daerah Riau yang berbatasan langsung dengan Sumbar. (lam/hrc)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »