Meningkatkan Generasi Muda Riau yang Cerdas dan Bermutu

Gubri mengajak semua stakeholder untuk ikut terlibat memajukan pendidikan di tanah melayu lancang

Dibaca: 16700 kali  Jumat,09 September 2016
Gubri mengajak semua stakeholder untuk ikut terlibat memajukan pendidikan di tanah melayu lancang
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

RADARPEKANBARU.COM- Kualitas pendidikan yang baik akan mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memajukan suatu daerah. Apabila pendidikan SDM baik dapat membawa kemajuan pembangunan di daerahnya.

Pemerintah Provinsi Riau dibawah kepemimpinan Arsyadjuliandi Rachman bertekad untuk meningkatkan generasi muda cerdas dan bermutu. Sebagaimana visi jangka menengah Pemerintah Provinsi Riau 2014-2019 telah berkomitmen meningkatkan mutu generasi mudah yang cerdas, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk melaksanakan hal tersebut, berbagai cara terus dilakukan termasuk menciptakan kualitas SDM yang handal, diantaranya dengan memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi maupun kurang mampu, beasiswa kepada guru dan dosen hingga peningkatan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan yang menunjang untuk menciptakan generasi muda yang cerdas dan bermutu.

Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Riau, seperti yang diungkapkan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, mengungkapkan bahwa selain pembangunan infrastruktur dan kesehatan, pembangunan di bidang Pendidikan merupakan salah satu program rencana pembangunan di Riau yang harus menjadi perhatian khusus.

"Pendidikan ialah yang paling utama dilaksanakan. Dengan menghasilkan lulusan terbaik dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat lain, seperti kesehatan. Itu didapat dari belajar dulu," kata Gubernur Riau.

"Apa yang kita lakukan sekarang ini, pendidikan adalah yang paling utama. Bagus jalan, karena pendidikan orangnya. Bagus pelayanan kesehatan, karena pendidikan, hal ini juga kita lakukan untuk menyiapkan geneasi muda yang cerdas dan bermutu, untuk stok kedepan, tentunya dengan prasarana yang menunjang dan tidak hanya itu tenaga pendidik juga penentu dalam mencapai tujuan itu," kata gubernur lagi.

Dikatakan gubernur lagi, setiap guru di Riau perlu meningkatkan mutu pendidikan supaya mampu bersaing dengan daerah lainnya. Untuk itulah, peningkatan kualitas serta jumlah sarana dan prasarana penunjang pembelajaran siswa di setiap sekolah di Provinsi Riau sangat diperlukan.
 
Orang nomor satu di Provinsi Riau ini pun mengajak semua stakeholder untuk ikut terlibat memajukan pendidikan di tanah melayu lancang kuning ini dengan berperan serta dalam memajukan pendidikan. "Sedangkan untuk masalah kekurangan baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), akan segera diatasi dan kita berharap guru maupun sarana dan prasarana tidak hanya dirasakan oleh mereka yang ada di kota-kota, tapi juga diwilayah pedalaman juga bisa ikut merasakan pendidikan ini," ujarnya.
 


Foto: Bunda PAUD Provinsi Riau, Sisilia Arsyadjuliandi Rachman menerima penghargaan

Salah satu wujud nyata peningkatan program pendidikan ialah dengan mengikutsertakan peran Bunda PAUD dalam pembangunan satu desa satu PAUD, karakter serta SDM yang handal sejak dini. Bentuk dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan program nasional ini dengan melantik Bunda PAUD kabupaten dan kota yang terdiri dari istri Walikota dan Bupati se-Riau sebagai perpanjangan tangan pemerintah Provinsi di daerah.
 
Pendidikan PAUD terbilang strategis, karena usia siswa PAUD rata-rata berkisar antara dua sampai delapan tahun. Secara tidak langsung sejak dini Riau telah menciptakan SDM yang siap bersaing saat dewasa di era saat ini. "Sudah sejak kecil kita bentuk karakter anak bangsa, tidak hanya pintar namun juga beretika," tuturnya.
 
Sementara itu, Bunda PAUD Provinsi Riau, Sisilia Arsyadjuliandi Rachman menyebut selalu bekerjasama dengan Bunda PAUD kabupaten dan kota dalam menjalankan program-program PAUD yang berkualitas sampai ke pelosok pedesaan. "Ingat anak-anak harus dilindungi dan dijaga. Mereka adalah generasi penerus masa depan bangsa. Kalau calon penerus bangsa sejak dini rusak bagaimana nanti kedepannya," imbuhnya.
 
Ciptakan Generasi Muda Kreatif

Tidak hanya melalui pendidikan formal, peningkatan mutu generasi muda di Riau juga dilakukan dengan memberikan Pelatihan kewirausahaan secara komprehensif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan generasi muda instansi terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM. Gerakan Membudayakan Kewirausahaan ditingkatkan pemuda sudah cukup bergema, berbagai Seminar, lokakarya, simposium, diskusi, sampai pelatihan kewirausahaan gaungnya begitu kuat mengarahkan pemuda mengmbangkan ekonomi kreatif.


Foto: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Eddie Yustie dan Kabid Pemuda Dispora Riau Yusfar SH MH, narasumber dan perwakilan peserta foto bersama sebelum pembekalan peserta Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan angkatan kedua tahun 2016


Hal tersebut menjadi landasan pengembangan kewirausahaan di bidang industri kreatif yang cukup kuat di Provinsi Riau, dengan menerapkan berbagai program kewirausahaan, tentunya pemuda Riau mulai melakukan terobosan dengan membangun usaha mikro yang dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Hasilnya, paradigma pemuda Riau saat ini mulai tergeser dari pemuda yang konsumtif, maupun pekerja fungsional menjadi pemuda yang kreatif.

Melalui pelatihan kewirausahaan generasi muda Riau memiliki kemampuan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dijiwai oleh semangat wirausaha mandiri Kesiapan bekerja, berusaha, dan bermitra usaha yang dijiwai oleh semangat wirausaha. Meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pengembangan usaha. Pengetahuan praktis dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha.

"Kita telah menjalankan program pendampingan enterpreneur bagi pemuda kita, agar paradigma komsumtif, fungsional dapat bergeser menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif, hal itu terbukti dengan semakin suburnya usaha mikro yang digeluti pemuda binaan dari UMKM kita" kata Gubri. (Adv/hms/riau)




 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »